Mendagri Imbau Kepala Daerah Ramai-ramai Bantu Korban Gempa Cianjur

Kabupaten Cianjur hanya punya anggaran yang tersisa Rp5 m

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengimbau kepada semua kepala daerah di wilayah Jawa Barat untuk ikut memberi bantuan berupa dana finansial bagi korban gempa Cianjur. Saat ini jumlah korban tewas akibat gempa berkekuatan M 5,6 sudah mencapai 268 jiwa.

Ia menjelaskan, di setiap kabupaten ada dana yang disebut Belanja Tidak Terduga (BTT) yang bisa dimanfaatkan di akhir tahun.

"Saya mencatat di catatan Kemendagri, dari Rp12 triliun lebih, dana BTT di 548 daerah provinsi, kabupaten/kota, baru terpakai Rp3 triliun. Artinya, masih ada sisa sekitar Rp9 triliun," ujar Tito ketika memberikan keterangan pers secara virtual dari Pendopo Bupati Cianjur pada Selasa, (22/11/2022).

Berdasarkan data yang ia pegang, sebagian dana dari BTT itu tercatat untuk menangani inflasi. Tetapi, sebagian lagi sengaja dicadangkan untuk penanganan bencana.

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada rekan-rekan bupati/wali kota se-Jawa Barat yang utama, tetapi juga di luar dari Jabar, rekan-rekan gubernur, bupati dan wali kota di wilayah lain, supaya memberikan bantuan," tutur dia.

Ia menjelaskan bantuan yang kini paling dibutuhkan oleh warga bukan dalam bentuk makanan atau pakaian. Bantuan yang mendesak dibutuhkan adalah uang tunai.

"Bantuan itu bisa diberikan dalam mekanisme hibah kepada Bupati melalui BPKAD, badan keuangannya," kata dia.

Menurut Tito, ini merupakan momen yang tepat untuk membantu warga yang terdampak gempa bumi di Cianjur. Ia membayangkan, bila masing-masing wilayah mengulurkan tangan dengan memberikan hibah Rp100 juta sudah sangat membantu.

"Bila ada 500 wilayah yang membantu, maka nominal bantuan keuangan sudah mencapai Rp50 miliar," ujarnya.

Bantuan keuangan dinilai Tito paling mendesak lantaran BTT di Kabupaten Cianjur hanya tersisa Rp5 miliar. Sedangkan, di Provinsi Jabar, nominal BTT yang tersisa hanya Rp20 miliar. Angka itu dipastikan tidak cukup untuk membantu warga yang terdampak gempa di Cianjur.

Baca Juga: Jokowi: Rumah Rusak Efek Gempa Cianjur Diberi Bantuan hingga Rp50 Juta

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya