Menko Mahfud Kenakan Baju Adat Mandailing di HUT ke-78 RI

Mahfud ajak semua rakyat untuk cintai Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengenakan baju adat khas Mandailing, Sumatera Utara dalam peringatan HUT ke-78 Indonesia, Kamis (17/8/2023). Pakaian adat Sumut dari Mandailing diketahui masih menggunakan ulos.

Dikutip dari keterangan tertulis Kemenko Polhukam, laki-laki Mandailing menggunakan ampu yang merupakan penutup kepala berwarna hitam dan emas. Lalu, ulos sadum di bagian bahu yang berwarna merah, hijau, hitam dan baju godang yang merupakan setelan jas yang dilengkapi ikat pinggang emas, gelang emas pada lengan, serta dua pisau kecil yang disebut bobat.

Sebelum menuju ke Istana Merdeka, Mahfud lebih dulu memimpin upacara di Kemenko Polhukam pada pukul 07.00 WIB. Dalam sambutannya Mahfud mengajak masyarakat untuk terus mensyukuri 78 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Mari mencintai negara dan bangsa ini tanpa pernah lelah. Caranya adalah masing-masing dari kita berkontribusi untuk kebaikan bangsa dan negara terutama, menjaga persatuan di dalam keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. Itu modal terbaik bagi kita untuk menjaga negara ini," ujar Mahfud.

Ia pun mewanti-wanti bila persatuan tidak tercapai di antara rakyat maka rawan terjadi perpecahan. "Itu akan sangat merugikan sebagai bangsa yang tentunya harus kuat kalau kita semua bersatu," tutur mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya