Menpan RB Larang Pejabat Tinggi dan ASN Gelar Open House Saat Lebaran

Menpan RB bolehkan ASN ambil cuti saat hari Idulfitri

Jakarta, IDN Times - Bulan Ramadan telah memasuki 10 hari terakhir. Pemerintah pun sudah mengeluarkan sejumlah aturan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pejabat, untuk mengatur aktivitas mereka saat Idulfitri 1443 Hijriah. Sebab, meski sejumlah pembatasan sudah dilonggarkan tetapi pandemik COVID-19 belum berakhir di Tanah Air. 

Salah satu aturan telah dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). MenPAN RB Tjahjo Kumolo melarang pejabat tinggi dan ASN menggelar open house saat Idulfitri 2022. Hal itu tertuang  dalam Surat Menpan RB Nomor B/123/M.KT.02/2022.

"Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden, bersama ini disampaikan agar pejabat pembina kepegawaian pada instansi pemerintah, untuk memastikan bahwa seluruh pejabat atau Pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan instansinya, tidak melaksanakan kegiatan buka puasa bersama atau open house pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah," demikian isi surat edaran yang diteken Menteri Tjahjo pada 19 April 2022. 

Apakah tahun ini, pemerintah membolehkan ASN untuk ambil cuti dan mudik ke kampung halaman?

1. Kemenpan RB membolehkan ASN ambil cuti sebelum atau setelah Lebaran 2022

Menpan RB Larang Pejabat Tinggi dan ASN Gelar Open House Saat LebaranIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Sementara, dalam surat edaran itu, juga tertulis Kemenpan RB memberikan cuti bagi ASN di lingkungan instansinya pada saat sebelum atau sesudah periode hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

"Hal tersebut dimaksudkan untuk dapat mengurangi kepadatan arus mudik Idulfitri 1443 Hijriah," kata Tjahjo di Surat Edaran (SE) itu. 

Tjahjo juga mengimbau kepada pejabat pembina kepegawaian agar semua ASN sudah vaksinasi dosis lengkap COVID-19, termasuk booster. 

Sementara, pada 6 April 2022, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah mengumumkan pemerintah memberikan cuti bersama Lebaran pada 29 April 2022 hingga 6 Mei 2022. Ini merupakan kali pertama pemerintah membolehkan warga mudik usai dua tahun absen akibat pandemik. 

"Pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022, dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April, 4, 5 dan 6 Mei 2022," ujar Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, 6 April 2022. 

"Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait," kata Jokowi, lagi. 

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Umumkan Cuti Bersama Lebaran: 29 April-6 Mei 2022

2. Diprediksi ada 80 juta orang akan mudik pada Lebaran 2022

Menpan RB Larang Pejabat Tinggi dan ASN Gelar Open House Saat LebaranMenteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (dok. BKIP Kemenhub)

Sementara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan ada 80 juta orang yang mudik saat Hari Raya Idulfitri 2022. Jumlah tersebut merupakan total dari jumlah keseluruhan pemudik yang menggunakan berbagai moda transportasi, baik udara, laut, maupun darat.

Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effenddy, saat mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan ramp check di Bandara Soekarno-Hatta, 7 April 2022. 

"Seperti yang sudah disampaikan Pak Menhub, hasil survei Kemenhub, itu nanti untuk yang mudik jumlahnya bisa mencapai 80juta orang," ungkap Muhadjir. 

Ia menambahkan berdasarkan laporan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, diperkirakan pemudik yang menggunakan moda transportasi udara mencapai 9 juta orang.

"Tentu saja Bandara Soekarno-Hatta akan menjadi titik sentral dari bandara yang lain," kata dia.

3. Menhub Budi imbau warga mudik lebih awal untuk hindari kemacetan

Menpan RB Larang Pejabat Tinggi dan ASN Gelar Open House Saat LebaranMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ANTARA/HO-BKIP Kemenhub

Di sisi lain, Menhub Budi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari terjadinya kepadatan. Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

"Kalau bisa lakukan perjalanan mulai 23 April 2022. Hindari tanggal 28-30 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik, untuk mencegah terjadinya kepadatan. Kalau sudah padat, nanti masyarakat juga yang terkena dampaknya," ujar Budi dalam keterangannya, 21 April 2022.

Pelabuhan Kalianget menjadi salah satu pelabuhan di Jawa Timur yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang kapal laut selama masa mudik Lebaran. Sebagaimana yang diprediksi juga terjadi di sejumlah pelabuhan di luar Jawa seperti di Sulsel, Selayar, Samarinda, Banjarmasin, Pangkalan Bun dan Batam.

Menhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang yang signifikan, dengan melakukan re-routing kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat.

Baca Juga: 80 Juta Orang Diprediksi Bakal Mudik Pada Idul Fitri 2022

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya