Naik Kuda Gunung Tambora, Danang Pimpin Pasukan Berkuda HUT 78 RI

Pasukan Paspampres ada yang berpakaian khas Satria Nusantara

Jakarta, IDN Times - Rangkaian puncak HUT ke-78 Republik Indonesia (RI) telah dimulai pada Kamis (17/8/2023) sejak pukul 07.30 tadi. Saat ini Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tengah menumpang kereta kencana Ki Jagarasa dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Paskibraka tersebut diiringi oleh pasukan drumband dan pasukan berkuda. Pasukan drumband tersebut terdiri dari personel Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Militer, Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Polri. Di belakangnya terdapat iring-iringan warga yang mengenakan pakaian adat dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Pasukan berkuda diketahui dipimpin oleh Letkol Kav Danang Prasetyo. Ia menunggang kuda bernama Gunung Tambora.

Di belakang terdapat pasukan Paspampres dengan pakaian khas Satria Nusantara. Mereka semua tergabung dalam Kirab Budaya dan akan menuju ke Istana Merdeka.

Peringatan HUT ke-78 Indonesia ini tergolong istimewa karena Indonesia telah memasuki masa endemik. Situasi darurat kesehatan nasional juga telah dicabut oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sementara, pada 2024, Jokowi berharap HUT ke-79 RI bakal diperingati di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Puncak HUT ke-78 RI bakal ditandai dengan pengibaran bendera merah putih pada pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Cerita Warga War Tiket 12 Jam demi Ikut Upacara HUT 78 RI di Istana

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya