Pajero TNI Tertimpa Truk Pasir karena Potong Jalan dan Nyalakan Sirine

Puspen TNI sebut Pajero adalah mobil pribadi bukan dinas

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI, Laksamana Muda Kisdiyanto membenarkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas di kawasan Jalan Raya Transyogi, Cibubur yang menimpa mobil dinas TNI, Jumat (23/12/2022). Mobil Mitsubishi Pajero itu diketahui dikemudikan oleh perwira tinggi TNI, Brigjen TNI Eko Setyawan Airlangga. Ia bertugas di Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI. 

Kisdiyanto mengatakan, mobil yang dikemudikan Eko ditimpa oleh truk bermuatan pasir. Ia menjelaskan, peristiwa itu berawal saat truk bermuatan pasir dan mobil Pajero Sport yang dikemudikan oleh Brigjen Eko sama-sama sedang melaju di Jalan Raya Transyogi sekitar pukul 05.30 WIB.

Kendaraan yang dikemudikan Brigjen Eko ada di jalur tengah, sedangkan truk bermuatan pasir berada di jalur paling kanan. 

Namun, mobil yang dikendarai oleh Brigjen Eko tiba-tiba memotong jalan ke kanan dan hendak putar balik. Ia menyalakan lampu sein dan membunyikan sirine. Kisdiyanto menyebut, pengemudi truk terkejut ketika melihat mobil Brigjen Eko hendak putar balik. 

"Pengemudi truk yang melaju ke arah Cileungsi itu terkejut, lalu membanting stir ke kanan. Lalu, ia menabrak beton pembatas jalan. Truk pun terguling hingga menimpa kendaraan Mitsubishi Pajero," tutur dia. 

Sementara, dari dokumentasi yang ditunjukkan oleh Polres Depok menunjukkan sisi sebelah kiri mobil Pajero Sport mengalami kerusakan parah. Sebab, sisi mobil tersebut tertimpa dump truk bermuatan pasir. 

Apakah ada korban jiwa akibat peristiwa itu?

1. Tak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan lalu lintas tersebut

Pajero TNI Tertimpa Truk Pasir karena Potong Jalan dan Nyalakan SirineIlustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Lebih lanjut, Kisdiyanto menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Brigjen Eko dan sang istri dalam keadaan selamat. Keduanya diselamatkan oleh warga sekitar. Mereka segera dikeluarkan dari mobil ketika truk terguling dan menimpanya. 

"Brigjen TNI Eko Setyawan Airlangga mengalami luka ringan lecet di lengan sebelah kanan," tutur dia. 

Selain itu, pengemudi truk juga selamat. 

Baca Juga: Mobil yang Dipakai Perempuan Ngaku Anak Jenderal Milik Kodam Jaya

2. Mobil yang dikendarai Brigjen TNI Eko diklaim kendaraan pribadi yang pakai pelat dinas

Pajero TNI Tertimpa Truk Pasir karena Potong Jalan dan Nyalakan SirineIlustrasi mobil dinas milik TNI Angkatan Darat (AD) (Tangkapan layar YouTube Angkatan Darat)

Lebih lanjut, Kisdiyanto mengatakan, soal pelanggaran lalu lintas yang terjadi dan penyebabnya, ditangani oleh kepolisian. Ia juga membantah bahwa Mitsubishi Pajero Sport yang dikendarai oleh Brigjen Eko itu adalah mobil dinas. 

"Itu mobil milik pribadi," ungkap Kisdiyanto kepada IDN Times melalui pesan pendek, Sabtu (24/12/2022). 

Sementara, di dalam video yang beredar di media sosial, terlihat pelat yang digunakan di mobil itu berwarna merah dan menunjukkan pelat dinas. Kisdiyanto beralasan, mobil pribadi boleh menggunakan nomor pelat dinas. 

"Kan mobil pribadi boleh menggunakan pelat dinas," tutur dia. 

Baca Juga: TNI AL Pecahkan Rekor MURI Water Trappen di HUT ke-77 TNI

3. Warganet mempertanyakan sikap arogan Brigjen Eko yang menyalakan strobo dan sirine

Pajero TNI Tertimpa Truk Pasir karena Potong Jalan dan Nyalakan SirineIlustrasi kecelakaan lalu-lintas. IDN Times/Arief Rahmat

Peristiwa itu pun menjadi perbincangan warganet di media sosial. Sebagian dari mereka mempertanyakan arogansi pengemudi Pajero Sport yang menyalakan strobo dan membunyikan sirine pada saat keadaan tak genting. 

"Kadang banyak yang gini ya pejabat gak terkenal. Posisinya gak penting-penting amat, gak berpengaruh sama hajat hidup orang banyak tapi minta diprioritasin di jalan. Padahal, dia telat sampai tujuan pun negara gak bakalan hancur," demikian cuit warganet di Twitter. 

"Lagian mau ke mana sih pakai sirine-sirine segala? Mau rapat perang? Sok kebanyakan gaya emang para TNI dan polisi ini!" kata warganet lainnya. 

"Harus diaudit lagi ini, mobil-mobil fasilitas negara dari uang rakyat suka disalahgunakan sama orang berpangkat ini. Semua orang setuju kalau mobil-mobil strobo ini berisik banget di jalanan, padahal mereka gak punya urgensi apa-apa dibandingkan ambulans atau damkar," tutur seorang warganet di media sosial. 

Sementara, warganet lainnya mengunggah potongan rekaman CCTV yang menggambarkan detik-detik Pajero Sport yang hendak memotong jalan dan menyebabkan pengemudi truk terkejut. 

Baca Juga: Analis Militer: Mobil Dinas TNI Tak Boleh Digunakan di Luar Penugasan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya