Penyebab Pesawat TNI AL Jatuh di Selat Madura Tunggu Investigasi 

Tujuh pesawat Bonanza dilarang terbang sementara waktu

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono, mengatakan hingga kini pihaknya belum bisa mengungkap penyebab jatuhnya pesawat latih udara jenis G-36 Bonanza T-2503 di Selat Madura pada Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan, pihaknya akan menunggu hasil investigasi rampung dilakukan terlebih dahulu.

Namun, ia memastikan kondisi cuaca saat tragedi itu terjadi sedang dalam kondisi baik. Begitu juga kondisi visibility atau jarak pandang bagi para penerbang.

"Jadi, kami grounded dulu sementara waktu semua pesawat jenis Bonanza. Kami akan lakukan pengecekan secara total untuk mengetahui kenapa bisa terjadi seperti itu," kata Yudo ketika memberikan keterangan pers di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis, (8/9/2022).

Ia mengatakan, sebelum terbang, pesawat G-36 Bonanza itu sudah dilakukan pemeriksaan. Pesawat latih udara itu juga diketahui baru rampung menjalani pemeriksaan berkala pada 22 Agustus 2022 lalu.

Yudo turut menjamin proses pemeriksaan terhadap semua alutsista di bawah TNI AL telah dilakukan.

"Kan juga ada pengawasan bahkan hingga BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) sehingga reformasi itu juga sudah dilakukan di semua jajaran," kata dia.

Yudo mengatakan, saat ini TNI sudah lebih terbuka dan transparan ke publik.

"Bayangkan dulu-dulu, mana ada TNI bisa berinteraksi ke media dan terbuka seperti ini. Pasti dulu semua ditutup, supaya gak muncul. Ya, ini lah saya kira merupakan wujud dari reformasi," ujarnya.

Diketahui, pesawat G-36 Bonanza T-2503 jatuh di perairan Selat Madura 10 menit usai lepas landas. Pesawat itu merupakan bagian dari kegiatan latihan anti serangan udara atau Air Defence Exercise (ADEX) bersama Koarmada II.

Dua penerbang di pesawat itu yakni Lettu Yudhistira Eka Permadi dan co-pilot Denda Krisna Bakti dipastikan gugur.

Yudo mengatakan, jenazah keduanya ditemukan masih di dalam kerangka pesawat dan masih mengenakan seat belt. Rencananya, keduanya bakal dimakamkan di Taman Makam Bahagia Surabaya pada Jumat esok.

Baca Juga: TNI AL: Kerangka Pesawat Bonanza yang Jatuh di Selat Madura Ditemukan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya