Polisi Masih Perpanjang One Way dari Gerbang Kalikangkung ke Jakarta

Waktu tempuh tol Kalikangkung ke Cikampek 5 jam 30 menit

Jakarta, IDN Times - Pihak kepolisian memperpanjang pemberlakuan one way dari Tol Kalikangkung, Semarang menuju arah Jakarta pada Sabtu (7/5/2022). Semula, one way bakal ditutup mulai hari ini sejak pukul 00:00 tadi.

"Arus balik sudah mulai terjadi peningkatan sejak Jumat, 6 Mei 2022 hingga Sabtu, 7 Mei 2022, maka one way diterapkan dari kilometer 414 menuju ke kilometer 47 menuju ke arah Jakarta," kata Kepala Bagian Penerangan Umum, Divisi Humas Mabes Polri, Kombes (Pol) Gatot Repli Handoko dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Ini merupakan salah satu rekayasa arus lalu lintas menuju puncak arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah. Langkah itu diambil untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di ruas-ruas jalan tertentu. 

"Pada pukul 06.32 WIB, Tol Kalikangkung arah Jakarta terpantau arus lalu lintasnya landai dan lancar," ujarnya. 

Polisi memprediksi puncak arus balik bakal terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 8 Mei 2022. Hal itu lantaran mayoritas pekerja sudah kembali bekerja pada Senin, 9 Mei 2022. 

Sementara, laporan lainnya menunjukkan Tol Palimanan arah Jakarta pada pukul 06.33 WIB landai lancar. Sistem one way diberlakukan mulai kilometer 188 - kilometer 70. 

Sedangkan, Tol Cikampek arah Jakarta pada pukul 06.34 WIB, kata Gatot, terpantau ramai lancar. Sistem one way juga diberlakukan mulai kilometer 70 - kilometer 47. 

"Perkiraan waktu tempuh dari tol Kalikangkung menuju ke Palimanan lalu ke Cikampek adalah 5 jam dan 30 menit," kata dia.

Apalagi langkah lainnya yang ditempuh oleh pemerintah agar tidak terjadi kemacetan yang parah sama seperti ketika terjadi arus mudik?

1. Kapolri imbau agar instansi pemerintah dan perusahaan swasta terapkan WFH sepekan ke depan

Polisi Masih Perpanjang One Way dari Gerbang Kalikangkung ke JakartaKapolri Jendral Pol Listyo Sigit beri penghargaan kepada Satpam Gereja Katedral Makassar yang menyelamatkan jemaat dari bom bunuh diri. (dok. Humas Polri)

Sementara, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengimbau agar para pekerja menggunakan sistem bekerja working from home (WFH) pada pekan depan. Hal itu bertujuan agar masyarakat tetap nyaman beraktivitas di tengah puncak arus balik Lebaran nanti.

"Tentunya kami juga imbau untuk mengurai arus balik khususnya bagi instansi-instansi baik swasta atau pemerintah yang masih memungkinkan. Agar selama satu minggu ini bisa melaksanakan aktivitas dengan gunakan media yang ada, seperti online, dan work from home," ujar Sigit di Garuda Wisnu Kencana pada 4 Mei 2022 lalu.

Sigit mengakui saran penerapan WFH mulai 9 Mei 2022 hingga satu pekan ke depan tentu perlu dikoordinasikan. Ia berharap pihak perusahaan atau instansi pemerintah bisa berkoordinasi dengan karyawan atau pegawainya, sehingga tidak terjadi kendala.

Baca Juga: Ini Jenis Perusahaan yang Bisa WFH untuk Cegah Kemacetan Arus Balik

2. Libur anak sekolah diperpanjang hingga 11 Mei 2022

Polisi Masih Perpanjang One Way dari Gerbang Kalikangkung ke JakartaIlustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Imbauan para pegawai agar dibolehkan bekerja dari rumah pekan depan seiring dengan keputusan pemerintah yang memperpanjang masa libur anak sekolah. Bila semula anak sekolah juga masuk pada Senin, 9 Mei 2022, maka mereka baru kembali masuk pada Kamis, 12 Mei 2022. 

Keputusan Kemendikbudristek itu sudah dikoordinasikan dengan Pemprov DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Keputusan ini akan disosialisasikan pemerintah daerah untuk diterapkan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, keputusan mengubah jadwal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah langkah yang tepat.

Ia mengatakan dengan jadwal masuk sekolah diundur dapat menghindari kemacetan parah pada waktu puncak arus balik. Diperkirakan puncak arus balik akan berlangsung pada 6 Mei 2022 hingga 8 Mei 2022. 

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur Lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022," ujar Muhadjir yang dikutip dari laman resmi Kemenko PMK pada Jumat (6/5/2022). 

Dia berharap kebijakan ini dapat mengurangi kemacetan dan kepadatan lalu lintas arus balik Lebaran. Sementara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah menjadi 12 Mei 2022 sesuai arahan pusat.

3. Kemenhub sebut baru 36 persen kendaraan pemudik kembali ke titik awal keberangkatan

Polisi Masih Perpanjang One Way dari Gerbang Kalikangkung ke JakartaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (dephub.go.id)

Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan baru 36 persen pemudik pengguna kendaraan pribadi yang kembali ke daerah awal keberangkatannya. Menurut Budi, 64 persen lainnya belum kembali ke Jakarta atau Surabaya.

"Sekitar 64 persen sisanya belum kembali ke Jakarta atau Surabaya," ungkap Budi seperti dikutip dari kantor berita ANTARA pada Sabtu, (7/5/2022). 

Ia pun mengaku khawatir bakal terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan yang parah bila sisa 64 persen kendaraan pemudik itu kembali ke daerah asal pada akhir pekan ini. Maka, Budi berharap pemudik bisa menunda waktu kepulangan hingga pekan depan. 

"Pulang Senin (9/5), Selasa (10/5), atau Rabu (11/5). Pemerintah sudah memberikan hak cuti," katanya. 

Budi menambahkan dengan pemudik menunda perjalanan balik, maka diharapkan bisa membantu memperlancar arus balik Lebaran. "Dari Semarang, Solo, Senin (9/5) baru balik. Harapannya, yang pulang tidak sampai 64 persen," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Menpan RB Minta Instansi Pemerintah Terapkan WFH Seminggu untuk ASN

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya