Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung Abdurachman

Dudung terima jabatan KSAD bersamaan dengan hari ultahnya

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Jumat, 19 November 2021 melakukan serah terima jabatan Kepala Staf TNI AD ke Jenderal Dudung Abdurachman. Acara ini nyaris sepi dari sorotan karena upacara sertijab dilakukan secara internal. Dudung menerima jabatan sebagai KSAD bersamaan dengan ulang tahunnya yang ke-56. 

Acara sertijab ikut dihadiri oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga anggota komisi I dari fraksi PDI Perjuangan, Effendi Simbolon. Effendi merupakan salah satu anggota DPR yang memberikan dukungan agar Andika dipilih oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Panglima TNI dan Dudung sebagai KSAD. Dukungan itu berbuah manis karena didengar oleh Jokowi. 

Dikutip dari keterangan resmi TNI AU, Sabtu (20/11/2021), sertijab diawali dengan penyerahan naskah memorandum KSAD dan penandatanganan serah terima jabatan. "Rangkaian sertijab diakhiri dengan cara pisah sambut pejabat lama dan baru serta tradisi penghormatan dan penciuman Panji TNI Angkatan Darat Kartika Eka Paksi," demikian isi keterangan tertulis TNI AU. 

Sertijab dilakukan setelah Dudung dilantik sebagai KSAD di Istana Merdeka oleh Jokowi pada 17 November 2021 lalu. Di hadapan media, Dudung mengaku dititipi pesan khusus oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Dudung diminta untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI. 

Sementara, ketika diwawancarai secara khusus oleh Harian Kompas, Dudung mengatakan bakal mencopot komandan-komandan satuan yang tidak menyejahterakan prajurit. "Komandan yang tidak menyejahterakan prajuritnya akan saya ganti. Ada yang cuma hanya memperkaya diri dan satuannya, saya ganti itu nanti. Saya copot, kalau perlu suruh berhenti saja," ujar Dudung. 

Tugas lainnya yang segera dilakukan oleh Dudung yakni ia akan melihat bagaimana kondisi prajurit TNI AD yang bertugas di area Poso, Sulawesi Tengah dan Papua. "Saya ingin melihat sejauh mana profesionalismenya karena (yang bertugas) di Papua adalah saudara-saudara kita. Jangan sampai ada pelanggaran sehingga menyakiti masyarakat," kata dia usai dilantik di Istana Merdeka.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut maksud kalimat tersebut. Apakah hal itu bisa diartikan bahwa TNI AD akan meninjau kembali operasi nonmiliter di Bumi Cendrawasih atau sebaliknya.

Berikut sejumlah dokumentasi yang menggambarkan peralihan tongkat kepemimpinan di TNI AD dari Andika ke Dudung.

1. Acara sertijab ke Jenderal Dudung menjadi KSAD turut dihadiri oleh KSAL dan KSAU

Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung AbdurachmanDua kepala staf dari matra laut dan udara yang ikut menghadiri sertijab Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ke KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (www.instagram.com/@militer.udara)

Baca Juga: Dilantik Jadi KSAD, Dudung Abdurachman Bakal Pensiun pada 2023 

2. Kapolri ikut hadir dalam sertijab KSAD Jenderal Dudung, mencerminkan solidaritas dua institusi

Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung AbdurachmanKSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ketika hadir dalam sertijab dari Panglima TNI ke Dudung Abdurachman (www.instagram.com/@militer.udara)

3. Jenderal Dudung sempat jadi loper koran saat masih SMP untuk membantu ibu mencari nafkah

Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung AbdurachmanKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan kepada wartawan usai pelantikan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

4. Karier Dudung melesat usai membangunkan patung Sukarno di lingkungan Akmil pada 2020. Peresmian patung itu dihadiri Megawati

Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung AbdurachmanKetua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ketika menghadiri peresmian patung Soekarno di Akademi Militer di Magelang pada 2020 (Dokumentasi PDIP)

5. Jenderal Andika Perkasa wariskan paludarium dan pusat kebugaran di Mabes TNI AD bagi Dudung

Potret Andika Perkasa Serahkan Jabatan KSAD ke Dudung AbdurachmanJenderal Andika Perkasa ketika menunjukkan Paludarium di Mabes TNI AD ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Tangkapan layar YouTube TNI AD)

Baca Juga: Rekam Jejak Letjen Dudung yang Diprediksi Jadi KSAD Gantikan Andika

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya