Prabowo Hadiri Wisuda 2 Taruna Pertama  Lulus Akmil Bergengsi Dunia

Prabowo janji terus kirim taruna ke RMAS Inggris

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada akhir pekan lalu meluangkan waktunya untuk menyaksikan wisuda dua taruna TNI di Royal Military Academy Sandhurst (RMAS), Inggris.

Dua prajurit TNI Angkatan Darat yakni Letda Infanteri Muhammad Fadlan Mairubi dan Letda Infanteri Rafi Pratama Insan. Mereka menjadi orang Indonesia pertama yang lulus dari akademi militer (Akmil) bergengsi dunia itu. Prabowo sempat bertanya apa saja yang mereka dapat usai menjalani pendidikan di sana selama setahun.

"Apa yang kamu dapat?" tanya Prabowo kepada Rafi dan Fadlan seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pertahanan, Senin (19/12/2022). 

Rafi menjawab mereka fokus diajarkan bagaimana beroperasi di perang urban daripada di daerah pedesaan. "Kami juga lebih fokus ke gabungan-gabungan antara kecabangan." 

Rafi yang juga memiliki ayah prajurit TNI itu juga menyebut selama pendidikan di Sandhurst, ia menjalani pendidikan satu satuan kredit semester (SKS). Materi yang ia pelajari salah satunya fokus tentang Perang Dunia II. 

"Pendidikan 1 SKS hanya fokus pada Perang Dunia II yang dilakukan (Benito) Musolini," ujarnya. 

Apakah ada peluang bagi prajurit TNI lainnya untuk mendapatkan pendidikan di negara lain?

1. Dua prajurit TNI menjalani pendidikan di RMAS Inggris selama setahun

Prabowo Hadiri Wisuda 2 Taruna Pertama  Lulus Akmil Bergengsi DuniaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menghadiri upacara kelulusan dua prajurit TNI di RMAS Inggris pada 17 Desember 2022. (Dokumen Media Menhan)

Prabowo menyebut keduanya menjalani pendidikan di RMAS selama setahun. Tak liupa, Menhan juga mengucapkan selamat bagi keduanya lantaran telah lulus. 

Prabowo juga menyempatkan diri berfoto dengan dua prajurit TNI tersebut. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku bangga, saat Letda Rafi dan Letda Fadlan berhasil menuntaskan pendidikan di Sandhurst. 

"Saya menghadiri pelantikan taruna Indonesia pertama yang lulus dari Akademi Militer Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris, salah satu akademi militer tertua dan paling bergengsi di dunia," tulis Prabowo, di akun media sosialnya.

Baca Juga: Temui Menhan Prancis, Prabowo Bahas Pelatihan untuk Pilot TNI AU

2. Prabowo bakal mengusahakan agar prajurit TNI tetap bisa menjalani pendidikan di luar negeri

Prabowo Hadiri Wisuda 2 Taruna Pertama  Lulus Akmil Bergengsi DuniaMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika memberikan arahan di hadapan prajurit TNI Angkatan Darat di apel besar di Mabes TNI AD pada Kamis, 4 November 2021 (Dokumentasi Indonesia Defence Magazine)

Lebih lanjut, Prabowo menceritakan bahwa mengirimkan lebih banyak prajurit TNI untuk menuntut pendidikan di luar negeri merupakan bagian dari salah satu prioritasnya menerapkan diplomasi pertahanan.

Indonesia, kata Prabowo, sudah mengirim taruna untuk menjalani pendidikan kedinasan Akademi Militer (Akmil) dan pelatihan di tiga Akmil bergengsi di Amerika Serikat (AS) sekaligus. 

"Tiga akademi tersebut adalah Akmil AS atau The US Military Academy (USMA) West Point, Akademi Angkatan Laut AS atau The US Naval Academy (USNA) Annapolis dan Akademi Angkatan Udara AS atau The US Air Force Academy (USAFA) Colorado," kata Menhan.

3. Akademi Militer Kerajaan Sandhurst tempat pendidikan elite Angkatan Darat Inggris

Prabowo Hadiri Wisuda 2 Taruna Pertama  Lulus Akmil Bergengsi DuniaThe Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris. (www.army.mod.uk)

Akademi Militer Kerajaan Sandhurst adalah tempat elite Angkatan Darat Inggris dilatih menjadi perwira. Kadet bakal mengikuti pelatihan selama satu tahun di area yang rimbun di perbatasan Berkshire, Hampshire dan Surrey. Didirikan pada awal 1800-an, bangunan tersebut sangat bergengsi dan penuh tradisi.

Sejumlah pejabat militer dari beragam negara pernah menempuh pendidikan di Sandhurst. Termasuk, Pangeran William dan Pangeran Harry. 

Baca Juga: Temui Menhan Turki, Prabowo Sampaikan Duka Cita Tragedi Bom Istanbul

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya