Prabowo Singgung Praktik Koneksi-Koncoisme di Wisuda Unhan

Unhan cetak 75 sarjana kedokteran militer pada hari ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tiba-tiba menyinggung soal maraknya praktik koncoisme dan nepotisme di dunia pendidikan di Tanah Air pada Senin (12/2/2024).

Pernyataan itu disampaikan oleh Prabowo di depan 573 wisudawan di Universitas Pertahanan (Unhan). Menurut Prabowo, justru yang perlu dipertahankan, yaitu sistem meritokrasi yang dijadikan acuan dalam penentuan karier seseorang. 

"Kebiasaan kita adalah nanti koneksi, koncoisme, dan sebagainya. Kamu anaknya siapa, keponakan siapa dan sebagainya. Saya bangga di Unhan start program S1, kita terima hanya berdasarkan prestasi dan kemampuan si calon mahasiswa," ujar Prabowo di Sentul, Bogor, Jawa Barat. 

Ia pun meminta sistem meritokrasi di kampus agar tetap dipertahankan. Prabowo mengklaim bahwa di Unhan tidak ada praktik nepotisme. Hal itu dibuktikan dengan tetap menerima mahasiswa yang datang dari kalangan tidak mampu, namun memiliki kemampuan akademis yang cemerlang. 

"Sebagai contoh di Unhan berhasil menghasilkan sarjana-sarjana STEM. Ada yang anaknya petani, ada anaknya pekerja pelabuhan, penjual bakso di pasar. Ini membesarkan hati saya. Ini adalah Indonesia yang kita cita-citakan," tutur dia. 

Baca Juga: Relawan Prabowo-Gibran Sayangkan Film Dirty Vote Bikin Gaduh

1. Unhan wisuda 75 sarjana kedokteran militer

Prabowo Singgung Praktik Koneksi-Koncoisme di Wisuda UnhanMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto ketika berpidato di Universitas Pertahanan pada Senin, 12 Februari 2024. (Dokumentasi Media Menhan)

Prabowo mengaku bangga karena Unhan berhasil meluluskan sarjana kedokteran militer pertama di Indonesia. Meskipun, ia mengakui kebutuhan Indonesia terhadap dokter mencapai 140 ribu. Hal tersebut untuk mengatasi permasalahan tenaga kesehatan. 

"Kami mulai beberapa tahun yang lalu dari Unhan. Kemampuan kita sekarang ini baru 75 dokter. Padahal, negara kita butuh tambahan 140 ribu dokter," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

Ia menambahkan, bila Indonesia memiliki 140 ribu dokter maka baru diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai negara dengan standar kesehatan yang layak dan modern. Selain 75 sarjana kedokteran militer, Unhan pada pagi tadi juga mewisuda 17 doktor. Selain itu, mereka juga mewisuda lulusan terbanyak, yakni dari Fakultas Strategi Pertahanan. 

Baca Juga: Daftar Artis Pendukung Anies, Prabowo, dan Ganjar di Pemilu 2024

2. Prabowo sampaikan wejangan bahwa mereka yang disiplin akan bertahan di tempat kerja

Prabowo Singgung Praktik Koneksi-Koncoisme di Wisuda Unhanpotret Prabowo Subianto (instagram.com/prabowo)

Prabowo juga menitipkan satu pesan berharga kepada lulusan dari Unhan, yaitu bekerja keras, cerdas, disiplin dan berkehendak kuat.

"Sejarah peradaban manusia mengajarkan mereka yang disiplin dan memiliki kehendak kuat bisa bertahan hidup," ujar Prabowo. 

Apalagi di abad ke-21 masa depan semakin penuh tantangan, hambatan dan rintangan. Oleh sebab itu, generasi muda harus bisa mencari peluang dari tantangan berat yang bakal dihadapi. 

"Ini adalah ajaran sejarah. Hanya bangsa yang punya anak-anak muda seperti itu (yang membuat) bangsa bisa unggul," ujarnya. 

3. Prabowo dorong lulusan STEM semakin banyak

Prabowo Singgung Praktik Koneksi-Koncoisme di Wisuda UnhanCalon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto memberikan pidato dalam acara kampanye akbar 'Pesta Rakyat' yang diadakan di GBK pada Sabtu (10/2/2024). (youtube.com/Waktunya Indonesia Maju)

Prabowo menyebut Indonesia harus mengejar ketertinggalan pengembangan Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika (STEM) hingga kedokteran.

"Masa depan kita akan ditentukan oleh revolusi STEM, ditambah kedokteran (juga) bagian dari itu. Kami, kita harus mengejar ketertinggalan. Kita harus mengakui bahwa kita tertinggal jauh," ujarnya. 

STEM kemudian menjadi empat fakultas baru di UII, Yogyakarta, mulai dari fakultas kedokteran dan teknik pada program studi hidrologi. Fakultas tersebut, kata Prabowo mengklaim tidak ada lagi  yang memiiliki program studi hidrologi. 

"Unhan saya perintahkan tambah program studi khusus di bidang hidrologi. Sekarang, sudah bisa membuktikan diri dari berperan praktis secara langsung," ujar dia. 

https://www.youtube.com/embed/eZG5TLOU5xE

Baca Juga: Connie: Informasi Prabowo Bakal Jabat Presiden 3 Tahun dari Hasto PDIP

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya