Presiden Duterte Pilih Tidur Siang Ketimbang Ikut Rapat di KTT ASEAN

Ada empat pertemuan besar yang dilewatkan Duterte

Jakarta, IDN Times - Boleh dibilang KTT ASEAN menjadi salah satu pertemuan tingkat tinggi paling sibuk yang dihadiri oleh para pemimpin negara. Tapi, itu tidak berlaku untuk Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. 

Di KTT ke-33 di Singapura, Duterte memilih melewatkan empat pertemuan yakni ASEAN-Australia informal summit, breakfast summit ASEAN-Korean summit, working lunch yang diselenggarakan oleh tuan rumah PM Singapura Lee Hsien Loong dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Namun, dia hadir di tiga pertemuan lain, di mana mantan Wali Kota Davao itu memiliki hubungan dekat dengan pemimpin negara yang hadir yakni ASEAN-China Summit, ASEAN-Russia Summit dan ASEAN-Japan Summit. 

Apa alasan Duterte "bolos" di empat pertemuan tersebut? Ternyata, dia harus beristirahat dan tidur siang. 

Walau sebagian orang memandang dengan wajah heran, namun pemimpin berusia 73 tahun itu justru mempertanyakan balik apa yang keliru dari perbuatannya. 

"Memang ada yang keliru kalau saya tidur siang?," tanyanya seperti dikutip stasiun berita BBC pada Kamis (15/11). 

Lalu, apa alasan Duterte lebih memilih tidur ketimbang hadir di rapat. 

1. Duterte mengaku butuh istirahat yang cukup

Presiden Duterte Pilih Tidur Siang Ketimbang Ikut Rapat di KTT ASEAN(Presiden Joko Widodo tengah ngobrol dengan Presiden Rodrigo Duterte) Biro Pers Istana/Laily Rachev

Sesungguhnya, ini bukan kali pertama Duterte absen dalam pertemuan tingkat internasional. Ia sebelumnya juga sempat absen di pertemuan lainnya termasuk di dalam negeri. Publik sempat bertanya-tanya apakah hal itu terkait situasi kesehatan Duterte. Indikasi adanya masalah kesehatan semakin menguat ketika pada Oktober lalu, Duterte mengungkapkan kemungkinan ia mengidap kanker. 

Tapi, juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo membantah dugaan itu. Ia mengatakan Duterte hanya butuh istirahat dan kesehatannya dalam kondisi prima. 

"Presiden yang kerap memaksakan jadwal kerjanya merupakan bukti bahwa ia dalam kondisi yang sangat prima," ujar Panelo seperti dikutip dari BBC

Baca Juga: Cium Perempuan, Jubir Duterte Sebut Tak Ada Masalah

2. Duterte hanya punya waktu tidur tiga jam

Presiden Duterte Pilih Tidur Siang Ketimbang Ikut Rapat di KTT ASEAN(Pertemuan di KTT ke-33 ASEAN Singapura) Biro Pers Istana/Laily Rachev

Juru bicara kepresidenan, Salvador Panelo juga menjelaskan Presiden Duterte absen pada pertemuan Rabu kemarin, karena di hari sebelumnya ia hanya bisa beristirahat selama tiga jam. 

"Dia tidur siang sebentar untuk mengisi kekurangan jam tidurnya," kata Panelo seperti dikutip harian Singapura, Straits Times. 

Absennya Duterte di beberapa pertemuan tentu menjadi perbincangan dan gosip di area pertemuan KTT ASEAN. 

 

3. Presiden Korea Selatan pun ikut tertangkap kamera sempat ketiduran

Presiden Duterte Pilih Tidur Siang Ketimbang Ikut Rapat di KTT ASEAN(Presiden Korea Selatan Moon Jae In) www.twitter.com/@joshrogin

Ternyata yang tertangkap kamera kurang beristirahat tidak hanya Presiden Rodrigo Duterte. Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In pun juga demikian. Kolumnis harian Washington Post, Josh Rogin sempat menangkap momen di mana Moon sempat memejamkan mata selama 15 menit sambil menunggu kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence untuk hadir dalam pertemuan bilateral. 

Moon baru terbangun usai Pence tiba di ruang pertemuan bilateral. Duterte dan Moon dijadwalkan menghadiri pertemuan ASEAN bersama-sama dengan pemimpin dunia lainnya seperti Perdana Menteri China, Li Keqiang, Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. 

Baca Juga: Gojek Indonesia Ekspansi ke-4 Negara Lain di ASEAN

Topik:

Berita Terkini Lainnya