Comscore Tracker

Puan-Airlangga Akan Bertemu Besok, Hasto: Semoga Jakarta Tidak Banjir

Puan-Airlangga dijadwalkan jalan sehat di Tugu Monas

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, pada Sabtu (8/10/2022). Berdasarkan undangan yang diterima oleh IDN Times, pertemuan dua petinggi parpol besar di Tanah Air itu dijadwalkan di Tugu Monas dan dimulai pukul 07.30 WIB. 

"Bersama ini kami mengundang rekan-rekan media untuk dapat hadir dan meliput acara Jalan Sehat Bersama Ibu Puan Maharani dan Bapak Airlangga Hartarto yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 pukul 07.30 WIB - 10.00 WIB. Titik kumpul ada di Monas sisi tenggara," demikian undangan yang diterima pada hari ini. 

Sementara, ketika dikonfirmasi ke Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, pertemuan tersebut bisa saja batal terlaksana lantaran Jakarta telah memasuki musim hujan.

"Ya, moga-moga (pertemuan berjalan lancar). Doakan Jakarta tidak banjir sehingga pertemuan dapat berjalan dengan baik," ungkap Hasto di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis, 6 Oktober 2022 lalu.

Menurut Hasto, bila Sabtu esok Jakarta diguyur hujan deras maka beragam aktivitas bakal sulit dilakukan. "Karena kalau Jakarta banjir kan tidak bisa naik perahu, tak bisa naik kuda," tutur dia seolah menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Apalagi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mewanti-wanti bahwa pada periode 2-8 Oktober 2022 akan terjadi cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah di Indonesia. Situasi banjir parah bahkan sudah terjadi pada pekan ini. 

Lalu, apakah pertemuan pada Sabtu esok tetap terlaksana di Tugu Monas?

1. Hasto belum bisa konfirmasi apakah pertemuan Sabtu esok tetap terlaksana

Puan-Airlangga Akan Bertemu Besok, Hasto: Semoga Jakarta Tidak BanjirSekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, ketika dikonfirmasi kembali akan pertemuan Puan dan Airlangga bisa terlaksana, Hasto justru mengaku belum dapat memastikan. Menurut dia, jadwal Airlangga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sangat sibuk. 

"Minggu ini, kami memang rencananya bertemu dengan Golkar dan mencermati (jadwalnya), karena Pak Airlangga kapasitasnya sebagai Menko Perekonomian," tutur dia. 

Apalagi, kata Hasto, prioritas Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat ini mengatasi berbagai persoalan akibat tekanan dari kenaikan harga seperti harga bahan pokok. "Itu kan yang berada di depan mata dan harus diatasi secepatnya. Sehingga, kami akan cari waktu yang terbaik," kata Hasto. 

Sebelumnya, Airlangga mengatakan, jadwal pertemuannya dengan Puan bakal segera diumumkan. "To be announced soon (akan segera diumumkan). You better watch out (tinggal tunggu saja)," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan pada 3 Oktober 2022 lalu. 

Baca Juga: Politikus PDIP: Bekerja Dalam Diam, Puan Cocok Gantikan Jokowi di 2024

2. Puan-Airlangga akan membicarakan koalisi 2024?

Puan-Airlangga Akan Bertemu Besok, Hasto: Semoga Jakarta Tidak BanjirKetua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua DPR Puan Maharani saat konferensi pers pergantian Wakil Ketua DPR RI di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu (29/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Sementara, ketika ditanyakan kepada Wakil Ketua Umum Partao Golkar, Ahmad Doli Kurnia, pertemuan Puan-Airlangga dijadwalkan pada 8 Oktober 2022. Ia mengatakan, pertemuan itu merupakan kelanjutan setelah kegiatan tersebut sudah sempat tertunda dua kali. 

"Rencana, sih, tanggal 8 Oktober ini. Ya, seperti biasanya, ya. Ini kan, melanjutkan saja apa yang selama ini sudah dilakukan oleh Pak Airlangga dan Golkar," ujar Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada 3 Oktober 2022 lalu. 

Ia mengatakan bahwa pertemuan antara Puan dengan Airlangga merupakan silaturahmi kebangsaan. "Jadi, kami meneruskan apa yang sudah pernah direncanakan dan pasti yang utama adalah membicarakan situasi kebangsaan hari ini, yang tentu membutuhkan soliditas kebersamaan antar elite. Terutama pimpinan-pimpinan partai politik dan itu kemudian diharapkan menjadi preseden teladan elemen masyarakat untuk bisa bersama," tutur dia. 

Saat ditanyakan apakah kemungkinan berkoalisi pada Pemilu 2024 bakal jadi topik yang akan dibahas, Doli enggan mengungkapnya. Namun, ia tak menampik pilpres 2024 termasuk salah satu topik yang bakal dibahas. 

"Kita kan, sama-sama tahu mulai sekarang orang sudah bicara tentang soal persiapan Pemilu 2024. Artinya, kalau kita bicara situasi kebangsaan, hari ini gak bisa dipungkiri pasti akan bicara tentang Pemilu 2024. Ya, salah satunya bicara tentang pilpres," katanya. 

3. Puan sudah temui Ketum NasDem dan Ketum Gerindra

Puan-Airlangga Akan Bertemu Besok, Hasto: Semoga Jakarta Tidak BanjirKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani berkuda bersama (IDN Times/Istimewa)

Sementara, sebelumnya Puan sudah melakukan safari politik dengan bertemu dua ketua umum parpol besar. Pertama, pada 22 Agustus 2022 lalu, Puan menyambangi markas Partai Nasional Demokrat. 

Kedua, Puan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Hambalang pada 4 September 2022 lalu. Meski demikian, belum ada kepastian soal koalisi dari dua pertemuan itu. 

Namun, Partai NasDem justru pada 3 Oktober 2022 lalu telah mengumumkan Anies Baswedan sebagai capres yang bakal diusung pada 2024. Hal itu menjadi tanda tanya bagi PDIP lantaran hingga kini NasDem masih menjadi bagian dari koalisi partai pengusung pemerintah. 

Baca Juga: KIB Datang Bareng ke KPU, Airlangga Hartarto Sempat Sulit Masuk

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya