Rakernas Dibuka, Ganjar hingga Anies Masuk Radar Capres Pilihan PAN

Purnawirawan jenderal Polri hingga artis jadi kader PAN

Jakarta, IDN Times - Rapat kerja nasional Partai Amanat Nasional (PAN) resmi dibuka di Hotel Ritz Carlton SCBD, Jakarta Pusat, Sabtu (27/8/2022). Agenda utama rakernas kali ini yaitu menentukan bakal capres dan cawapres yang diusung PAN untuk Pemilu 2024. 

Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, mengatakan rakernas pada hari ini dihadiri sekitar 1.400 kader partai. Mereka berkumpul di Hotel Ritz Carlton SCBD untuk membahas sejumlah kandidat yang sesuai dengan kualifikasi PAN, untuk diusung menjadi capres dan cawapres. 

Yandri menyebut dalam rakernas yang dibuka Ketua Umum Zulkifli Hasan, hanya untuk kalangan internal. Mereka tidak ikut mengundang mitra koalisi seperti Partai Golkar dan PPP. Ia juga menyebut ada sejumlah individu yang resmi bergabung ke PAN. 

"Tadi hebatnya banyak kader baru PAN, mulai dari mantan Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, mantan Kadiv Hubungan Internasional Mabes Polri, Irjen (Pol) Purn HS. Maltha dan banyak pengusaha dan selebriti. Itu artinya, PAN banyak diminati," ungkap Yandri ketika ditemui usai pembukaan rakernas siang tadi.

Yandri menegaskan dalam rakernas pada hari ini, PAN akan merumuskan strategi untuk memenangkan Pemilu 2024. Hal itu, termasuk kandidat capres dan cawapres yang akan dipilih PAN. 

Lalu, siapa saja sosok capres dan cawapres favorit di kalangan internal PAN?

1. Capres favorit mulai dari Zulkifli Hasan, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan

Rakernas Dibuka, Ganjar hingga Anies Masuk Radar Capres Pilihan PANGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Yandri menjelaskan sejauh ini memang sudah ada sejumlah nama yang masuk radar PAN. Beberapa nama tersebut di antaranya Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan, Ganjar Pranowo, Erick Thohir, Anies Baswedan, hingga Khofifah Indar Parawansa. 

"Akan kami bahas dalam rakernas hari ini dan akan disebutkan oleh ketua umum di Istora Senayan jam 20.00 WIB. Hari ini mau kita putuskan," ungkap Wakil Ketua MPR itu. 

Yandri mengaku dari sejumlah kandidat itu, belum ada satu nama yang terlihat mencolok dibandingkan individu lainnya. "Karena kan sifatnya masih rekomendasi. Nah, dari beberapa rekomendasi nama itu, sesuai dengan rakernas, kami sudah memberikan mandat penuh kepada ketua umum untuk menentukan siapa capres dan cawapres PAN," tutur dia. 

Sementara, sejak lama Ganjar sudah menjadi sorotan publik, namun ia adalah kader PDI Perjuangan. Dalam rakernas Partai Nasional Demokrat (NasDem), Ganjar juga turut direkomendasikan partai yang dipimpin Surya Paloh itu. 

Dalam wawancara khusus IDN Times, Sekjen PAN, Eddy Soeparno, mengatakan sebelum rakernas tidak ada komunikasi yang dibangun dengan parpol manapun. Selain itu, PAN tidak akan memangkas aspirasi dari kadernya di daerah, seandainya mereka menjagokan Ganjar sebagai kandidat capres PAN. 

"Kami tidak akan melakukan filterisasi, di mana misalnya si fulan sering disebut namanya, tapi karena kami gak enak sama pihak-pihak yang lain, akhirnya kami gak munculkan, gak. Akhirnya, kita sampaikan aja," ungkap Eddy ketika ditemui di ruang kerjanya di DPR Senayan, Jakarta Pusat pada 1 Juli 2022. 

Eddy memastikan PAN bakal mengajak dua partai lainnya yang ada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ketika menjalin komunikasi politik. Sebab, PAN sudah teken kesepakatan bakal tetap solid dengan anggota KIB lainnya hingga Pemilu 2024, yakni Partai Golkar dan PPP. 

"Jadi, kalau pun nanti ada komunikasi politik yang harus kita jalin dengan partai-partai lain, itu dalam konteks koalisilah yang bicara," tutur dia. 

Baca Juga: [WANSUS] Sekjen PAN: KIB Sekoci Capres Pilihan Koalisi

2. PAN akan temui KIB untuk sodorkan capres terpilih usai rakernas

Rakernas Dibuka, Ganjar hingga Anies Masuk Radar Capres Pilihan PANKetua Projo Budi Arie Setiadi (pojok kanan) menghadiri pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (IDNTimes/Melani Putri)

Sementara, Yandri memastikan, dalam rakernas pada hari ini, PAN tidak ikut mengundang Golkar dan PPP yang menjadi mitra KIB. Hal itu lantaran rakernas adalah agenda internal PAN. 

"KIB gak (hadir) karena ini kan acara internal. Kami ingin bicara dari hati ke hati, belum bisa kami publish. Nanti setelah rakernas, insyaallah ada pertemuan dengan KIB," tuturnya. 

Dalam pertemuan KIB nanti, PAN akan mengajak dialog PPP dan Golkar terkait aspirasi capres dan cawapres mereka. Hal itu lantaran KIB hingga kini belum mengusung sosok capres dan cawapres. 

"Nanti, setelah dari pengumuman (capres di rakernas), kami akan ajak KIB rembuk, termausk mengkomunikasikan dengan partai lain yang belum tergabung di KIB. Kami akan melakukan safari politik nanti," katanya. 

3. PAN berambisi masuk lima besar dan raih 66 kursi di DPR pada Pemilu 2024

Rakernas Dibuka, Ganjar hingga Anies Masuk Radar Capres Pilihan PANProfil Partai Amanat Nasional (PAN) (IDN Times/Aditya Pratama)

Eddy Soeparno juga menyebut target PAN pada Pemilu 2024, partainya kembali masuk jajaran lima partai dengan raihan suara terbanyak di tingkat nasional. Sebab, pada Pemilu 2019, perolehan suara mereka merosot dan hanya ada di posisi ke-8. 

"Kami ingin kembali masuk ke dalam top 5. Top 5 itu bisa (di posisi) ke-5, ke-4. Target perolehan kursi di DPR antara 62 sampai 66. Nah, itu target kita. Di atas 10 persen, sekitar 11 persen atau 12 persen kursi di DPR RI," kata Eddy, dalam wawancara khusus dengan IDN Times

Eddy menyebut target tersebut masih realistis. Sebab, PAN sudah menempatkan caleg-caleg kuat di dapil-dapil yang menjadi lumbung suara.

"Sehingga kami sudah berhitung hari ini, di dapil-dapil yang calegnya sudah ditempatkan, tapi belum ada anggota DPR-nya, nah kemungkinan besar (di Pemilu 2024) bisa dapat (kursi di Senayan)," katanya. 

https://www.youtube.com/embed/pZdhVChgefE

Baca Juga: Diplomasi Gowes Sepeda: Lobi-Lobi Politik PAN dan PDIP di Antara KIB 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya