Sosok Rizal Ramli di Mata Anies: Dia Konsisten Lawan Korupsi

Anies ngaku kenal Rizal Ramli sejak zaman kuliah

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan mengaku turut berduka atas wafatnya mantan Menteri Kemaritiman, Rizal Ramli pada Selasa (2/1/2024). Ketika Rizal meninggal, Anies mengatakan sedang berada di Sumatera Barat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenang Rizal sejak zaman ia masih kuliah. 

"Dulu kalau saya ada kegiatan mahasiswa sering datang ke Jakarta, meminta dukungan dari Bang Rizal. Mulai data-data hingga informasi. Selalu Beliau berikan itu ketika saya masih kuliah," ungkap Anies di Padang, Sumatera Barat pada Rabu (3/1/2024). 

Ia pun mengenang Rizal sebagai pribadi yang konsisten memperjuangkan demokrasi, melawan feodalisme dan nepotisme. "Beliau juga konsisten melawan korupsi dan tidak pernah sedikit pun kompromi akan hal itu," kata Anies. 

Menurutnya, Rizal bisa disebut sebagai salah satu putra gemilang Indonesia. Ia pun yakin Rizal akan diberikan tempat terbaik di sisi sang pencipta. 

"Insyaallah seluruh kebaikannya jadi amal jariyah," tutur dia. 

Baca Juga: [WANSUS] Rizal Ramli Kritik Stimulus Ekonomi Pemerintah dalam Pandemik

1. Jusuf Kalla kenang Rizal sering berbeda pendapat tapi tetap bersahabat

Sosok Rizal Ramli di Mata Anies: Dia Konsisten Lawan KorupsiJusuf Kalla melayat ke rumah duka Rizal Ramli (Istimewa)

Sementara, berbagai tokoh publik mendatangi rumah duka Rizal di area Bangka, Jakarta Selatan sejak Selasa kemarin. Salah satu yang melakukan takziah adalah mantan Wakil Presiden, Jusuf "JK" Kalla. 

Ia pun mengenang momen kebersamaan dengan Rizal saat masih hidup. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengaku sering berbeda pendapat dengan Rizal tetapi tetap bersahabat. 

"Walaupun saya sering berbeda pendapat dan tajam, tapi kita tetap bersahabat. Kadang-kadang bertentangan, tapi Beliau menerima itu dan saya menerima itu," ujar JK pada hari ini. 

JK turut menyampaikan duka cita atas berpulangnya Rizal. Ia menilai Rizal merupakan seorang pemikir dan juga aktivis. Rizal beberapa kali berada dalam pemerintahan.

Pada 2020 Rizal pernah mengatakan dirinya sering dijegal oleh JK setiap hendak diangkat menjadi menteri. Hal itu terjadi beberapa kali di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan dirinya sempat akan diangkat menjadi Menteri Ekonomi saat di pemerintahan periode pertama Jokowi. Namun, niatan itu tidak direstui JK yang saat itu menjabat sebagai wakil presiden.

"Waktu dia (Jokowi) jadi presiden, dia maunya Rizal Ramli jadi menteri ekonomi. Tapi, JK (Jusuf Kalla) selalu blok saya. Pokoknya, JK tidak mau Rizal pegang ekonomi dan keuangan," kata Rizal dikutip dari Youtube Karni Ilyas Club, pada 2020 lalu. 

Baca Juga: Mulai Gunakan TikTok, Mahfud: Saya Tak Ikuti Anies

2. Sudirman Said nilai Rizal sosok yang konsisten sampaikan kebenaran

Sosok Rizal Ramli di Mata Anies: Dia Konsisten Lawan KorupsiMantan Menteri ESDM Sudirman Said mengaku sempat dimarahi Presiden Jokowi karena melaporkan Mantan Ketua Ketua DPR Setya Novanto ke Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, juga sempat melayat ke rumah duka. Dalam pandangan Sudirman, Rizal adalah seorang aktivis sejati. Ia dinilai seorang pejuang yang tidak berhenti menyuarakan kebenaran. 

Menurutnya, dalam posisi apapun, baik ketika berada di dalam atau di luar pemerintahan, Rizal selalu konsisten untuk menyampaikan kebenaran dan sesuatu yang diyakininya.

"Beliau seorang pejuang sejati yang terus menyuarakan kebenaran. Kami pernah satu tim dalam kabinet Pak Joko Widodo dan satu tim membantu Pak Prabowo dalam pemilu 2019. Kami saling menghormati dan saling mengisi," kata Sudirman ketika di rumah duka. 

3. Jenazah Rizal Ramli dimakamkan di TPU Jeruk Purut

Sosok Rizal Ramli di Mata Anies: Dia Konsisten Lawan KorupsiMantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

Sementara, jenazah Rizal masih disemayamkan di rumah duka. Tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna mengatakan jenazah bakal dimakamkan pada hari ini di TPU Jeruk Perut. 

"Hari Rabu dimakamkan di TPU Jeruk Purut, bersama dengan almarhumah istri beliau," ujar Yosef seperti dikutip dari kantor berita ANTARA

Diketahui, Rizal Ramli meninggal pada Selasa malam (2/1/2024) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada pukul 19.30 WIB. 

https://www.youtube.com/embed/ubAP7eaY4Sc

Baca Juga: Lokasi Kampanye Anies di Sumbar Tiba-Tiba Dipindah, Ini Kata Pemkab

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya