Sowan ke Hambalang, Prabowo Hadiahkan Gibran Sepatu untuk Berkuda 

Prabowo juga tawarkan Jan Ethes untuk belajar berkuda

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menikmati betul kunjungannya ke kediaman pribadi Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, pada Sabtu, (18/6/2022). Sebab, ia diajari secara langsung berkuda di Padepokan Garuda Yaksa. Kuda yang ditunggangi oleh Gibran dan Prabowo sama-sama berwarna putih. 

Menurut Gibran, ia bersedia hadir ke kediaman Prabowo untuk memenuhi undangan Menteri Pertahanan itu ketika bersua di Solo. Ia mengatakan dalam pertemuannya dengan Prabowo, Gibran mendapat hadiah khusus. 

"Saya dihadiahi sepatu berkuda," ujar Gibran di dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Bahkan, Prabowo juga ikut memberikan sepatu berkuda dengan ukuran lebih kecil. Rupanya, oleh-oleh khusus itu ditujukan Prabowo bagi putra sulung Gibran, Jan Ethes. 

"Ketika saya hendak pulang, juga diberikan oleh-oleh berupa sepatu berkuda ukuran kecil untuk anak saya. Beliau berpesan 'ini sepatu untuk Jan Ethes'," katanya menirukan kalimat Prabowo. 

Mantan jenderal di Kopassus TNI Angkatan Darat itu juga mengajak Jan Ethes untuk ke Hambalang dan diajari berkuda. "Ayo ajak dia ke Hambalang. Saya mau ajari dia berkuda juga," tutur Gibran. 

Lalu, apa saja yang dibicarakan oleh Gibran bersama Prabowo di Hambalang? Apakah keduanya sempat menyinggung isu pemilu 2024?

1. Gibran akui sempat bahas isu kebangsaan dan kenegaraan dengan Prabowo

Sowan ke Hambalang, Prabowo Hadiahkan Gibran Sepatu untuk Berkuda Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengajari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabumi Raka, berkuda di kediamannya di Hambalang, Bogor, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi tim Prabowo)

Usai menyelesaikan sesi pertama belajar berkuda, Prabowo kemudian mengajak Gibran untuk melakukan santap siang. Rupanya, ia ikut mengajak sang putra, Didit Hediprasetyo dan keponakannya. 

"Saya banyak diskusi dan ngangsu kawruh (menyerap pengetahuan) dari Pak Prabowo soal patriotisme, kebangsaan dan kenegaraan," kata putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu. 

Dalam santap siang itu, Prabowo menghidangkan berbagai sajian mulai dari bubur Manado, bacang, siomay hingga kopi khas Hambalang. Prabowo juga sempat menyebut bahwa ia baru belajar berkuda ketika memasuki usia 52 tahun. Sehingga, menurutnya tidak ada kata terlambat untuk belajar. 

"Karena berkuda adalah sunnah Rasullullah SAW bagi laki-laki muslim," ujar Prabowo. 

Ia pun mengaku siap memberikan sesi lanjutan bagi Gibran untuk pelajaran berkuda. 

Baca Juga: Prabowo Tepati Janjinya Ajari Gibran Berkuda di Hambalang

2. Prabowo diduga ingin meraih restu dari Jokowi untuk pemilu 2024 lewat Gibran

Sowan ke Hambalang, Prabowo Hadiahkan Gibran Sepatu untuk Berkuda Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengajari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabumi Raka, berkuda di kediamannya di Hambalang, Bogor, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi tim Prabowo)

Sementara, menurut analis politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, pelajaran berkuda yang diberikan oleh Prabowo merupakan bagian dari lobi-lobi untuk bisa memperoleh restu dari Jokowi di pemilu 2024. Prabowo diduga mengubah strategi setelah Jokowi terlihat memberi kode akan memberikan dukungannya bagi Ganjar. Hal itu terlihat ketika Jokowi menghadiri rapat kerja nasional relawannya, ProJo di Magelang pada akhir Mei 2022 lalu.

"Kan, kalau di politik, Jokowinya gak bisa ditembus, maka nembusnya bisa melalui keluarganya, anaknya atau saudara-saudaranya. Kebetulan yang dilihat bisa ditembus itu melalui Gibran," ungkap Ujang kepada IDN Times melalui telepon pada 6 Juni 2022 lalu. 

"Tujuannya agar dukungannya bergeser jangan ke Ganjar. Ke siapa kek, ke Prabowo, misalnya," kata dia lagi. 

Menurutnya, tidak ada manfaat menjadikan Prabowo sebagai mentor politik. Lantaran, sudah tiga kali ikut pilpres, namun Prabowo selalu gagal. Bahkan, dua kali di antaranya kalah berturut-turut. 

"Kalau mau cari mentor yang sudah pasti menang dong rekam jejaknya. Itu mah saya lihatnya lobi-lobi sepihak saja untuk bisa menggoyang pemikirannya Pak Jokowi," tuturnya. 

3. Prabowo termasuk salah satu menteri yang minta restu Jokowi untuk maju pemilu 2024

Sowan ke Hambalang, Prabowo Hadiahkan Gibran Sepatu untuk Berkuda Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) mengajari putra Jokowi, Gibran Rakabumi Raka (kiri) berkuda di Hambalang, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi Prabowo)

Sementara, nama Prabowo disebut-sebut merupakan satu dari empat menteri yang telah meminta izin kepada Jokowi agar bisa maju dalam pemilu 2024. Prabowo disebut meminta restu untuk kembali mencalonkan diri jadi presiden. 

Hal itu disampaikan politikus senior PDI Perjuangan, Panda Nababan, ketika berbicara di program siniar politik.

"Kalau yang ku dengar cerita, Pak Jokowi sudah bertanya (ke para menterinya). Airlangga mau maju atau gak (di Pemilu 2024). Jawabannya, (Airlangga) mau maju. Dia tanya Sandiaga Uno, katanya maju. Dia tanya Erick (Thohir), mau maju, dia tanya Puan (Maharani), dia bilang maju (di Pemilu 2024). Dia tanya Prabowo, dijawab saya maju dengan izin Bapak," ungkap Panda ketika berbicara di program siniar Total Politik yang dikutip, 19 April 2022.

Pernyataan Panda itu untuk memberikan ketegasan ke publik bahwa Jokowi tak ingin maju lagi dalam Pemilu 2024. Namun, usai pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh, Prabowo justru menunjukkan indikasi tak lagi ngotot maju pemilu 2024 sebagai capres. Ia bahkan membuka diri bila harus mengusung kandidat lain. 

"Yang pasti ia harus sosok yang sungguh-sungguh komit dan setia kepada Pancasila, UUD 1945 seutuhnya. Tidak sebagai mantra, tapi seutuhnya. Saya kira itu kriteria yang paling penting," ungkap Prabowo di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, 1 Juni 2022.

"Kalau bisa yang berpengalaman. Tapi, gak harus Prabowo juga. Bisa siapa saja," katanya.

Baca Juga: Di Balik Undangan Gibran Bermain Kuda di Kediaman Prabowo

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya