Syahrul Yasin Limpo Diperiksa Polisi Hampir 3 Jam di Kasus Pemerasan

Mentan Limpo dipanggil dalam sebagai saksi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) akhirnya muncul di NasDem Tower, Jakarta Pusat usai sebelumnya mendatangi kantor Polda Metro Jaya (PMJ) pada Kamis (5/10/2023). Ia mengaku diperiksa sebagai saksi terkait jaringan tindak pemerasan.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut siapa saja individu yang terlibat dalam aksi pemerasan tersebut. Politikus NasDem itu mengaku diperiksa hampir tiga jam. Maka, ia meminta kepada media untuk memberikan waktu sejenak.

"Semua yang saya tahu sudah saya sampaikan ke penyidik. Secara terbuka saya sampaikan apa yang dibutuhkan oleh penyidik (akan saya sampaikan). Saya tadi dihadapi oleh banyak penyidik. Saya diperiksa tadi hampir tiga jam. Oleh karena itu, saya izin kepada teman-teman, berikan saya kesempatan untuk menarik nafas panjang," ungkap Mentan Limpo yaang mengenakan kemeja batik berwarna kuning cokelat di NasDem Tower.

Limpo menyebut dugaan kasus pemerasan itu bersumber dari adanya pengaduan masyarakat pada Agustus 2023 lalu. Berdasarkan surat pemanggilan yang beredar, terlihat penyidik PMJ memanggil dua orang dekat Mentan Limpo. Mereka adalah ajudan Limpo, Panji Harianto dan sopir, Heri.

"Sehubungan dengan rujukan di atas, bersama ini diberitahukan kepada saudara bahwa Subdit V Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus PMJ sedang melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian tahun 2021 sebagaimana dimaksud pasla 12 huruf e UU nomor 31 tahun 1999," demikian bunyi surat pemanggilan dari penyidik kepada ajudan dan sopir Limpo.

Di dalam surat tersebut, keduanya tertulis dipanggil oleh penyidik pada 28 Agustus 2023 lalu. Ketika Mentan Limpo dikonfirmasi apakah pihak yang melakukan tindak pemerasan adalah pimpinan komisi antirasuah, ia bungkam.

Usai dari NasDem Tower, Mentan Limpo menuju ke Istana Kepresidenan untuk menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia hendak menyerahkan surat pengunduran diri dari posisi Menteri Pertanian.

Baca Juga: Muncul di Kementan, Syahrul Yasin Limpo Kasih Pesan Ini ke Anak Buah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya