Teks Proklamasi dan Bendera Pusaka Tiba di Istana

Teks proklamasi dan bendera pusaka diambil dari Monas

Jakarta, IDN Times - Pasukan kirab budaya yang di dalamnya terdapat Paskibraka yang telah purna tugas akhirnya memasuki area Istana Merdeka pada pukul 09:00 WIB. Dua personel Purna Paskibraka 2022 itu kemudian menyerahkan bendera pusaka dan dokumen teks proklamasi kepada dua ajudan Wakil Presiden.

Bendera pusaka diserahkan Gania Taufika Salma Wibowo, siswa SMAN 8 Yogyakarta kepada Kombes (Pol) Wahyu Sribintoro. Wahyu diketahui lulusan Akademi Kepolisian tahun 1998. Bendera pusaka kemudian dibawa  Wahyu ke mimbar kehormatan di Istana Merdeka.

Sementara, dokumen teks Proklamasi diserahkan Ayumi Putrisasaki, siswi SMAN 2 Taruna Bhayangkara, Banyuwangi kepada Kolonel Pnb Trinanda Hasan Febrianto. Trinanda diketahui merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1999.

Dua benda penting itu akan menjadi saksi bisu puncak detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diperingati pada 17 Agustus. Keduanya diambil dari Monumen Nasional.

Sama seperti peringatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya, para tamu yang mengikuti upacara mengenakan pakaian adat khas Indonesia dari sejumlah provinsi.

Ini diprediksi akan menjadi tahun terakhir HUT RI dirayakan di Istana Merdeka. Presiden Joko "Jokowi" Widodo pernah menyampaikan harapannya HUT ke-79 RI pada 2024 bakal dirayakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baca Juga: HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta Merdeka

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya