TGB Klarifikasi Foto Viral Dirinya Bermain Tenis dengan Deputi KPK

KPK meminta keterangan TGB soal divestasi PT Newmont

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi mengklarifikasi soal berita fotonya yang menjadi viral ketika ia bermain tenis dengan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen (Pol) Firli di Lombok, beberapa waktu yang lalu. KPK juga tengah menelaah kebenaran foto tersebut. 

Di hadapan media, pria yang akrab disapa TGB menepis pertemuannya dengan Firli sengaja direncanakan. 

"Pertemuan itu dilakukan pada 13 Mei. Kalau tidak salah dan itu (terjadi) jauh sebelum saya diklarifikasi dan mengetahui ada proses pengumpulan data atau penyelidikan," ujar TGB ketika memberikan keterangan pers pada Rabu (19/9) di sebuah restoran di area Pakubuwono, Jakarta Selatan. 

Ia menjelaskan proses pengumpulan data dan klarifikasi baru dilakukan pada 25 Mei 2018. Jadi, ada jeda sekitar dua pekan dari peristiwa bermain tenis. 

Lalu, apakah peristiwa bermain tenis dengan Firli bisa berpengaruh terhadap pengusutan proses dugaan kasus korupsi divestasi PT Newmont?

Baca Juga: Pernah Diperiksa Sebagai Saksi, TGB Malah Main Tenis dengan Deputi KPK

1. TGB mengaku tidak tahu di lapangan tenis juga ada Firli

TGB Klarifikasi Foto Viral Dirinya Bermain Tenis dengan Deputi KPK(Muhammad Zainul Majdi ketika memberikan keterangan pers) IDN Times/Santi Dewi

TGB mengaku tidak tahu bahwa di acara permainan tenis tersebut, ada Firli yang juga mantan Kapolda NTB. Ia menjelaskan bisa ada di lapangan tenis tersebut, usai mendapat undangan dari mantan danremnya. 

"Ia menyampaikan kepada saya, kita kebetulan sedang main tenis, kebetulan pengganti saya juga ada (di lapangan tenis), kebetulan namanya Pak Rizal, kalau berkenan bisa datang. Ya, akhirnya saya datang," ujar TGB di restoran tersebut. 

Ketika TGB tiba di lapangan tenis, rupanya sudah ada Firli yang ikut bermain. Ia pun menegaskan selama di lapangan tenis, ia tidak membahas kasus divestasi PT Newmont ke Firli. 

"Tidak ada sedikit pun yang menyangkut masalah ini, karena saya punya satu prinsip untuk menghargai dan menghormati profesionalitas seseorang," ujar dia. 

2. KPK masih mengecek peristiwa main tenis TGB dengan Firli

TGB Klarifikasi Foto Viral Dirinya Bermain Tenis dengan Deputi KPKIDN Times/Margith Damanik

Sementara, KPK hingga saat ini mengaku masih menelaah pemberitaan mengenai foto yang viral tersebut. Menurut dia, ada pemeriksaan internal yang sedang berjalan. 

"Kami telah membaca beberapa pemberitaan dan menerima pertanyaan. Tentu perlu dilakukan telaah internal dulu terhadap informasi yang beredar tersebut," ujar Febri melalui keterangan tertulis, Selasa (18/9).

Mantan aktivis antikorupsi itu menegaskan, KPK tetap akan bersikap independen dalam penanganan kasus apa pun, termasuk dugaan adanya korupsi dari divestasi PT Newmont. 

 

Baca Juga: Erick Thohir Jadi Ketua TKN, Begini Nasib TGB

3. Melacak dugaan korupsi pada proses divestasi Newmont

TGB Klarifikasi Foto Viral Dirinya Bermain Tenis dengan Deputi KPKANTARA FOTO

Dugaan korupsi divestasi saham PT Newmont kemudian menjadi laporan khusus Majalah Tempo, pekan ini. Dalam pemberitaan itu, tim KPK menemukan kucuran aliran uang Rp7,36 miliar ke rekening TGB pada 2009-2011. Tim lembaga antirasuah juga menemukan indikasi adanya aliran dana pada periode yang sama ke rekening istri TGB.

Aliran dana yang mencurigakan tersebut, diduga terkait dengan pembelian saham PT Newmont oleh pemerintah daerah yang dibayar menggunakan dividen.

"Terkait dengan penanganan pokok perkaranya, KPK memastikan sudah dilakukan sesuai dengan tahapan hukum acara yang berlaku," ujar Febri.

Kita tunggu kelanjutan kasusnya ya, guys

Baca Juga: Pernah Diperiksa Sebagai Saksi, TGB Malah Main Tenis dengan Deputi KPK

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya