Tok! Demokrat Cabut Dukungan untuk Anies dan Hengkang dari Koalisi

Tim 8 yang sempat dibentuk otomatis bubar

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menyatakan, partainya resmi hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Tidak hanya itu, Demokrat juga resmi menarik dukungan dari Anies Baswedan sebagai capres di Pemilu 2024.

Dua poin penting itu diputuskan dalam rapat darurat Majelis Tinggi Partai (MTP) yang digelar pada Jumat (1/9/2023) di Cikeas, Bogor. Rapat dipimpin langsung oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Yang pertama, Partai Demokrat mencabut dukungan kepada saudara Anies Baswedan sebagai capres dalam Pemilu 2024. Kedua, Partai Demokrat tidak lagi berada dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) karena telah terjadi pengingkaran terhadap kesepakatan yang dibangun selama ini," ungkap Andi ketika memberikan keterangan pers malam ini.

Dengan demikian, maka Tim 8 yang sempat dibentuk, kata Andi, juga secara otomatis bubar.

Sementara, terkait langkah Demokrat selanjutnya, kata dia, belum diputuskan oleh Majelis Tinggi Partai. SBY dalam pidato pembuka, mendorong agar para kader tidak terburu-buru dalam menentukan langkah selanjutnya.

Baca Juga: Tidak Menyangka Anies Khianati Demokrat, SBY: Politik Sekarang Kasar

Baca Juga: SBY: Ada Menteri di Kabinet Jokowi Lobi Demokrat untuk Bentuk Koalisi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya