Ucapan HUT 78 RI Terdengar dari Kokpit Jet Tempur F16 Fighting Falcon

Mereka bermanuver dari ketinggian 1.000 kaki

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Udara (AU) menutup demo udara pada HUT ke-78 Indonesia dengan mengerahkan 10 unit jet tempur F16 Fighting Falcon. Bila pada tahun sebelumnya, jet tempur mengudara dari depan Istana Merdeka, maka kali ini manuver dibuat berbeda.

Jet tempur F16 datang dalam formasi anak panah (arrow head) dari bagian belakang Istana Merdeka. Mereka kemudian melakukan manuver bomb and burst.

Sandi untuk penerbangan F16 itu disebut Garuda Flight. Penerbangan itu dipimpin oleh Letkol Pandu Harnet Eka Prayoga. Ia kemudian mengucapkan HUT ke-78 RI bagi Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan rakyat Indonesia.

"Kami elang-elang Angkatan Udara penjaga Tanah Air, dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023. Terus maju untuk Indonesia maju! Salam Swa Bhuwana Paksa! Merdeka!" ungkap Letkol Pandu pada Kamis (17/8/2023).

Selain jet tempur F16, TNI dan Polri juga mengerahkan Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan beberapa unit helikopter. HUT ke-78 di Istana Merdeka diprediksi bakal menjadi peringatan HUT Indonesia terakhir. Presiden Jokowi mengharapkan HUT ke-79 Indonesia bakal dirayakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: TNI AU Pamer Manuver Udara di Atas Langit Istana Merdeka

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya