Comscore Tracker

Wakil Pemerintah Tiongkok Sambangi Rumah Prabowo, Bahas Apa?

"Hanya silaturahmi biasa," kata Dahnil

Jakarta, IDN Times - Penasihat hubungan luar negeri Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Song Tao terlihat tak hanya bertemu dengan orang nomor satu di Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo pada Jumat (20/9) di Istana Kepresidenan Bogor. Rupanya, ia turut menemui para petinggi partai politik yang ada di Tanah Air.

Salah satu yang ditemui adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Pertemuan yang digelar di kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara itu terungkap dari unggahan beberapa foto di akun media sosial Wakil Ketua Umum Fadli Zon. Di dalam akunnya, terlihat Prabowo menyambut kedatangan Song Tao yang didampingi petinggi Partai Komunis Tiongkok dan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian. 

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengakui memang mantan capres itu menerima kunjungan perwakilan Pemerintah Tiongkok. Dahnil mengatakan insiatif pertemuan itu datang dari Pemerintah Tiongkok. 

"Iya, mereka yang meminta (untuk bertemu). Mereka datang sekitar pukul 20:30 dan berakhir sekitar pukul 22:00 WIB," ujar Dahnil yang dihubungi IDN Times melalui telepon pada Sabtu malam (21/9). 

Lalu, untuk apa perwakilan Pemerintah Tiongkok menemui Prabowo? 

"Hanya kunjungan biasa, silaturahmi, karena kan dia memang mengunjungi beberapa pimpinan politik lainnya," kata dia lagi. 

Lalu, apa ya kira-kira yang dibahas Prabowo dengan penasihat Presiden Xi Jinping itu? Apa komentar Dahnil mengenai komentar warganet yang mempertanyakan sikap Prabowo yang menemui pejabat Tiongkok sedangkan ketika pilpres kencang menyuarakan penolakan negeri tirai bambu atau di media sosial disebutnya sebagai "aseng". 

1. Prabowo dan perwakilan Pemerintah Tiongkok berdialog terkait perspektif politik

Wakil Pemerintah Tiongkok Sambangi Rumah Prabowo, Bahas Apa?(Prabowo ketika menjamu perwakilan Pemerintah Tiongkok) www.twitter.com/@fadlizon

Dahnil tidak membantah sempat terjadi dialog di antara kedua individu penting ini. Salah satu yang dibahas yakni mengenai perspektif Prabowo dalam dunia politik Indonesia. Penasihat hubungan luar negeri Presiden Xi, kata Dahnil, turut menyampaikan harapannya kepada Prabowo mengingat mantan Danjen Kopassus itu memiliki peran penting di dunia politik Tanah Air. 

"Jadi, ya isi dialognya biasa saja sekitar 1,5 jam," kata dia. 

Dahnil membantah turut membahas mengenai masa depan Indonesia di periode kedua di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. 

"Secara spesifik tidak ada pembicaraan mengenai itu. Justru lebih banyak membahas Tiongkok menganggap Pak Prabowo adalah pemimpin Indonesia dan merepresentasikan pemimpin di Asia yang penting dan memiliki pengaruh yang luas. Karena kita kan negara besar," ujarnya memaparkan. 

Menurut Dahnil, adalah sesuatu hal yang wajar apabila wakil pemimpin Tiongkok ingin bertemu Prabowo, lantaran Ketum Gerindra itu diketahui memang memiliki banyak pengikut. 

Baca Juga: Kisah Surat Prabowo Minta Jadi KSAD saat Habibie Baru Jadi Presiden

2. Prabowo menyampaikan agar kerja sama antara Indonesia dengan Tiongkok saling menguntungkan

Wakil Pemerintah Tiongkok Sambangi Rumah Prabowo, Bahas Apa?IDN Times/Irfan Fathurohman

Dalam pertemuan itu, Prabowo turut menyampaikan kepada wakil Pemerintah Tiongkok, agar kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan negeri tirai bambu saling menguntungkan. 

"Ini semacam ewuh pakweuh diplomasi lah," tutur Dahnil. 

3. Prabowo menerima wakil Pemerintah Tiongkok karena mereka adalah tamu

Wakil Pemerintah Tiongkok Sambangi Rumah Prabowo, Bahas Apa?ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dahnil pun menyadari ada komentar di media sosial mengenai pertemuan Prabowo dengan wakil Pemerintah Tiongkok. Namun, mereka adalah tamu, sehingga tetap harus diterima dengan baik. Lagipula, kata Dahnil, bukan kali pertama pemimpin negara menemui Prabowo di kediamannya. 

"Ketika ia mendatangi Pak Prabowo kan juga merupakan representasi dari rakyatnya, makanya kita sambut dengan baik dan kami sampaikan pandangan Pak Prabowo," kata dia. 

Ketika Fadli mengunggah beberapa foto itu langsung menuai komentar. Ada yang mempertanyakan sikap Prabowo yang tak konsisten dengan pernyataannya saat pilpres yang menolak "aseng". 

4. Utusan Pemerintah Tiongkok menyampaikan pesan Wapres ke Presiden Jokowi

Wakil Pemerintah Tiongkok Sambangi Rumah Prabowo, Bahas Apa?(Wamenlu RI A.M Fachir (kanan) memberikan cinderamata untuk Menaker Hong Kong) Kementerian Luar Negeri RI

Sebelum menemui Prabowo, Penasihat hubungan luar negeri Presiden Republik Rakyat Tiongkok, Song Tao menyambang Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat pagi. Ia menyampaikan pesan bahwa Wapres Tiongkok, Wang Qishan akan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin pada akhir Oktober. 

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir di Istana Kepresidenan Bogor. Kepada utusan Pemerintah Tiongkok, Fachir menjelaskan Jokowi akan merasa terhormat bila Wapres Wang bersedia hadir ketika pelantikannya nanti. 

"Kami menyampaikan ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan presiden pada 20 Oktober," kata Fachir.

Ia menilai dengan kehadiran Wapres Tiongkok di upacara pelantikan mendatang menandakan keeratan hubungan kedua negara. 

Baca Juga: Wakil Presiden Tiongkok akan Hadir di Prosesi Pelantikan Jokowi

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You