Samora Group Apresiasi Inisiatif Anak Bangsa Produksi Test-Kit Corona

Test-kit dirancang khusus wabah Corona di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Perkembangan kasus COVID-19 semakin menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Terlebih dengan mendekatnya arus mudik Idul Fitri yang dikhawatirkan dapat menyebabkan meningkatnya kasus COVID-19 di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi COVID-19, perusahaan Samora Group yang bergerak di industri komoditas turut memberikan dukungannya melalui gerakan penggalangan dana Indonesia Pasti Bisa. Per hari Jumat (3/4), dana yang terkumpul sudah mencapai Rp6.158.500.000 dari target Rp10 miliar dan akan digunakan untuk membantu produksi test-kit COVID-19.

Baca Juga: BPPT Bentuk Task Force untuk Kembangkan Test-Kit COVID-19

1. Dukung produksi test-kit yang melibatkan peneliti muda Indonesia

Nusantics, startup deep-tech bidang genomik asal Indonesia, yang tergabung dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC19) sedang mengembangkan test-kit yang dirancang khusus untuk pandemi COVID-19 di Indonesia. Pengembangan ini turut melibatkan pakar dari beberapa institusi lain seperti BPPT, Biofarma, dan I3L.

Keterlibatan para peneliti muda Indonesia dalam inisiatif ini pun mendapat dukungan berbagai pihak, salah satunya Samora Group yang ikut dalam penggalangan dana melalui gerakan Indonesia Pasti Bisa. “Senang bahwa ada anak bangsa Indonesia yang punya kemauan dan inisiatif untuk bisa membuat sesuatu untuk negara kita,” ujar Yohan Setiawan, Presiden Direktur Samora Group, saat dihubungi via telepon oleh IDN Times.

2. Ingin memberikan kontribusi positif bagi Indonesia

Samora Group Apresiasi Inisiatif Anak Bangsa Produksi Test-Kit CoronaSamora Group

Baca Juga: Mengenal Test-Kit COVID-19 qRT-PCR dan Akurasinya

Menurut Yohan, saat ini kondisi dunia, tak hanya Indonesia, sedang tidak baik dikarenakan COVID-19. Karena itu, sebagai salah satu anak bangsa, Samora Group juga terdorong untuk bisa ikut membantu Indonesia menghadapi masalah COVID-19 ini.

“Saya dapat info dari Nusantics mengenai Indonesia Pasti Bisa, saya pelajari. Sebagai Samora Group, kita punya visi dan misi untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Kami pun terdorong (untuk mendukung gerakan ini). Apalagi ini karya anak-anak muda Indonesia. Senang juga bisa turut membantu anak bangsa kita membuat test-kit yang bisa berguna untuk Indonesia,” jelasnya.

3. Pentingnya kesadaran masyarakat tentang kondisi COVID-19 di Indonesia

Samora Group Apresiasi Inisiatif Anak Bangsa Produksi Test-Kit CoronaPenerapan social distancing di Stasiun Purwosari, Solo. IDN Times / Larasati Rey

Di samping mendukung inisiatif anak-anak muda Indonesia, Yohan juga berharap seluruh masyarakat Indonesia memiliki kesadaran bahwa virus Corona ini merupakan masalah yang serius. “Sebisa mungkin tidak bertemu-temu dulu. Juga meminimalisir pergerakan. Kalau itu semua bisa kita lakukan, semoga penyebaran virusnya dapat terkendali. Jangan lupa harus sama-sama mendukung program pemerintah,” tutupnya.

Topik:

  • Saraya Adzani

Berita Terkini Lainnya