Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawan

Sudah siap kerja?

Mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Selain menawarkan skill, kamu pun perlu tahu cara untuk menjualnya kepada para perekrut. Nah, salah satu trik untuk menarik perhatian mereka ialah dengan membuat Curriculum Vitae (CV) yang berkualitas. Sebagai pencari kerja, kamu harus memahami cara menyusun CV yang akan mengantarmu duduk di posisi kerja impian. Oleh karena itu, supaya kamu bisa membuat CV yang membuat perusahaan terkesima, pastikan tujuh hal ini sudah ada di sana.

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawan

1. Cantumkan skill yang sesuai dengan posisi kerja yang sedang dicari

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanhomeschoolingebooks.com

Jangan pernah mencantumkan informasi tidak penting terkait skill di CV-mu. Misalnya, ketika ingin melamar sebagai sales executive, maka skill yang harus kamu tuliskan adalah kemampuan memasarkan sebuah produk. Hindari menuliskan kemampuan yang tak berhubungan dengan posisi yang dilamar, sebab pihak perusahaan tak peduli dengan hal tersebut. Fokuslah menjual skill yang langsung berhubungan dengan posisi yang ditawarkan, sebab hal tersebut yang akan perusahaan pertama perhatikan.

2. Pengalaman organisasi akan membuatmu terlihat makin “seksi” di mata perekrut kerja

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanbusinessinsider.sg

Bagi fresh graduate, hal lain yang wajib ada di CV-mu selain nilai adalah pengalaman organisasi. Hal ini menjadi nilai tambah seseorang karena mampu mengindikasikan kemampuan untuk bekerja sama yang diharapkan ada pada setiap karyawan. Jadi, kalau kamu merasa memiliki pengalaman organisasi yang mumpuni jangan pernah ragu untuk memasukkannya di CV, ya!

3. Apabila kamu pernah mengikuti program beasiswa jangan lupa menuliskannya

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanbusinessinsider.de

Tidak hanya pengalaman organisasi saja yang akan membuat perekrut tertarik padamu. Pernah mengikuti program beasiswa juga jadi prestasi lain yang dicari perusahaan dari calon karyawannya. Orang-orang yang pernah menerima beasiswa dianggap oleh pencari kerja sebagai pribadi mengagumkan. Karenanya banyak perusahaan tertarik dengan calon karyawan yang memiliki prestasi ini. Jadi, apabila nantinya kamu ingin direkrut secara cepat, carilah kesempatan beasiswa yang sekarang banyak ditawarkan.

Salah satu program beasiswa yang menarik dicoba adalah SCG Sharing the Dream Scholarship. Program ini diberikan oleh SCG untuk membantu siswa-siswi berprestasi di Indonesia untuk mendapatkan bantuan pendidikan. SCG Sharing the Dream Scholarship sudah ada di Indonesia sejak 2012, dan tahun 2016 ini adalah tahun kelima diselenggarakan.

Tujuan utama dari program CSR ini adalah untuk mengakomodasi bantuan pendidikan kepada sejumlah pelajar di Indonesia yang membutuhkannya. Sebagai perusahaan besar SCG berkomitmen untuk membuat program CSR yang berguna bagi masyarakat secara keseluruhan. Diharapkan dengan hal tersebut SCG akan membantu dunia pendidikan di Indonesia. Bagi yang ingin tahu mengenai seperti apa SCG Sharing the Dream Scholarship, kamu dapat mengaksesnya di sini.

4. Jelaskan pada perekrut pengalaman kerja lengkap dengan job desc yang dilakukan

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawangreatives.eu

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, jangan lupa untuk dimasukkan ke dalam CV. Tentu, pilihlah pengalaman kerja yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Tuliskan pula job desc pekerjaanmu secara rinci agar perusahaan paham apa yang dapat kamu lakukan. Jika penjelasanmu mengenai pengalaman kerja serta job desc dirasa sesuai dengan kebutuhan, perusahaan pasti tak ragu untuk menerimamu sebagai karyawan.

5. Tuliskan berbagai pencapaian terbaikmu di pekerjaan sebelumnya

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanwsj.com

Prestasi kerja adalah informasi penting yang wajib ada pada CV-mu. Tujuan dari penulisan informasi tersebut adalah agar pihak perusahaan tahu kredibilitasmu dalam bekerja. Misalnya saat bekerja untuk perusahaan A kamu berhasil menaikkan penjualan, cantumkanlah hal tersebut pada CV-mu. Tak hanya mampu meyakinkan perekrut, hal ini juga dapat memudahkan mereka dalam memprediksi keseriusanmu untuk meraih target kerja.

6. Kalau kamu jago bahasa asing, tuliskan keahlian tersebut di CV

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanofficeninjas.com

Bila kamu menguasai bahasa asing secara baik, jangan ragu untuk menaruhnya di CV. Di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, hanya bisa berbahasa Indonesia saja tak cukup, sehingga kemampuan berbahasa asing bakal jadi nilai plus untukmu, terutama ketika kamu melamar di perusahaan multinasional. Kemungkinan kamu dilirik oleh perusahaan akan semakin tinggi!

7. Beritahu pada perekrut mengenai soft skill yang ada pada dirimu

Kalau 7 Hal Ini Ada di CV, Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menolakmu Sebagai Karyawanflexjobs.com

Sekarang ini, perusahaan semakin teliti dalam menyelidiki kompetensi dari calon karyawan mereka. Soft skill ialah salah satu aspek yang dilihat, misalnya kemampuan pemecahan masalah, kepemimpinan, hingga bernegosiasi dengan lawan bicara. Untuk itu, sertakan informasi soft skill yang kamu miliki di dalam CV, sesuai dengan kepribadianmu.

CV ibaratnya adalah gerbang utama yang menentukan kamu akan dipanggil atau tidak oleh sebuah perusahaan. Jadi pantang hukumnya membuat CV sembarang jadi. Semoga tips menyusun CV di atas berguna bagimu ya! Semoga sukses.

Topik:

Berita Terkini Lainnya