Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Menenangkan Hati

Cocok untuk kamu, coba baca dan pelajari.

Jakarta, IDN Times - Bagi seorang muslim, Al-Quran merupakan panduan hidup yang sudah jelas mengatur dan menjelaskan segala sesuatunya tentang berbagai hal yang diperlukan manusia, termasuk tentang cinta.

Berikut beberapa ayat Al-Quran tentang cinta yang bisa kamu pelajari.

Baca Juga: Doa Tobat dari Perbuatan Dosa, Ayat, Latin dan Terjemahannya

1. Surat Al Hujurat Ayat 13

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Menenangkan HatiIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pertama merupakan Surat Al Hujurat Ayat 13. Allah SWT pada ayat ini menjelaskan manusia diciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku.

TujuanNya adalah untuk saling kenal mengenal dan mengasihi sebagai salah satu bentuk cinta. Media sosial yang semakin berkembang juga mempermudah kita sekarang untuk mengenal lebih banyak orang tidak terbatas jarak.

Berikut Surat Al Hujurat Ayat 13:

"Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal." 

2. Surat An Nur Ayat 26

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Menenangkan HatiIlustrasi Mengaji (IDN Times/Besse Fadhilah)

Allah SWT berfirman pada surat An Nur ayat 26 perihal pengaturan jodoh bagi tiap-tiap manusia. Pada surat tersebut juga dijelaskan bahwa Allah sudah mengatur pula bagaimana jodoh kita kelak, sesuai dengan bagaimana diri kita.

Hal ini bisa jadi motivasi kita untuk terus memperbaiki diri untuk mendapatkan jodoh yang baik untuk kita juga.

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula."

3. Surat Al Furqon Ayat 74

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Menenangkan HatiIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Besse Fadhilah)

Surat Al Furqon ayat 74 jadi ayat Al-Quran tentang cinta selanjutnya. Ayat ini merupakan bentuk doa kepada Allah SWT supaya dipertemukan dengan jodoh yang bisa menjadi penenang hati. Hal ini menjadi bentuk berserah kepada Allah SWT atas kehendakNya akan jodoh kita.

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kamu pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati."

4. Surat Yasin Ayat 36

Ayat-Ayat Al-Quran tentang Cinta yang Menenangkan HatiIlustrasi Al-Quran (IDN Times/Rochmanudin)

Selanjutnya, surat Yasin ayat 36 menjelaskan bahwa semua makhluk sudah diciptakan berpasang-pasangan, termasuk manusia, ada perempuan dan laki-laki. Allah SWT menjelaskan bahwa manusia diciptakan sudah berpasang-pasangan, bukan sendirian.

"Maha suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang mereka tidak ketahui."

Baca Juga: Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam Pertama

Demikian ayat-ayat Al-Quran tentang cinta yang dapat menenangkan hati kamu. Penjelasan Allah SWT tentang cinta ini bisa kamu jadikan rujukan dalam mencari cinta yang baik untuk kamu.

Penulis: Agung Pratama Satria

Topik:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya