Comscore Tracker

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta Kandungannya

Juz 12 memuat dua surah Makiyyah

Jakarta, IDN Times - Allah SWT menurunkan Al Qur'an kepada Rasulullah SAW tidak lain agar umat muslim meneladani kebenaran yang diterangkan di dalamnya. Al Qur'an terdiri dari 114 surah yang terbagi menjadi golongan surah Madaniyyah dan Makiyyah.

Nah, dalam juz 12 memuat dua surah Makiyyah. Ayat-ayat Allah SWT tersebut turun ketika Rasulullah SAW berdakwah di Kota Suci Makkah. Lebih lanjut IDN Times telah merangkum urutan surah dalam Al Qur'an juz 12 beserta kandungannya berikut ini. Yuk, simak!

Baca Juga: Urutan Surat dalam Al-Qur’an Juz 11, Lengkap dengan Kandungannya

1. Surah Huud ayat 6-123

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta Kandungannyailustrasi Al Qur'an (IDN Times/Langgeng Irma)

Juz 12 memuat surah Huud ayat 6 hingga ayat terakhir 123. Seperti surah Yunus, surah Huud juga turun ketika Rasulullah SAW tengah berdakwah di Kota Suci Makkah.

Adapun penamaan surat ini merujuk pada kandungannya yang mengisahkan kaum Nabi Huud As. Termasuk azab Allah SWT untuk kaum ‘Ad berupa angin dahsyat yang mematikan, serta kaum Tsamud yang dibinasakan oleh angin topan besar selama tujuh malam delapan hari.

2. Surah Yusuf ayat 1-52

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta Kandungannyailustrasi Al Qur'an (IDN Times/Langgeng Irma)

Surah Yusuf ayat 1-52 menyambung berakhirnya surah Huud pada juz 12. Termasuk golongan surah Makiyyah, surah sepanjang 111 ayat ini diwahyukan Allah SWT kala Rasulullah SAW dilanda kesedihan setelah ditinggal wafat oleh sang istri, sayyidah Khadijah dan sang paman, Abu Thalib.

Surah Yusuf berisi kisah bagaimana Nabi Yusuf menghadapi ujian dengan sabar. Sehingga surah ini ditujukan untuk menghibur Rasulullah SAW kala itu.

3. Kandungan surah Huud ayat 6-123

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta KandungannyaSeorang perempuan dengan disabilitas saat tadarus Al-Qur'an (IDN Times/Prayugo Utomo)

Terdapat beberapa pokok kandungan utama pada surah Huud ayat 6-123 ini, yaitu:

  • Balasan berupa neraka bagi orang-orang yang hanya mengharapkan kenikmatan hidup di dunia.
  • Orang-orang yang merugikan dirinya sendiri ialah mereka yang menghalangi orang lain untuk beribadah kepada Allah SWT.
  • Ahli surga yakni orang-orang yang mengerjakan amal saleh, beriman serta merendahkan diri kepada Allah SWT.

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَأَخْبَتُوٓا۟ إِلَىٰ رَبِّهِمْ أُو۟لَٰٓئِكَ أَصْحَٰبُ ٱلْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

Innallażīna āmanụ wa ‘amilus-sālihāti wa akhbatū ilā rabbihim ulā`ika as-hābul-jannah, hum fīhā khālidụn.

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh dan merendahkan diri kepada Tuhan mereka, mereka itu adalah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya. (QS. Huud: 23).

  • Kisah bahtera (kapal) Nabi Nuh As yang menyelamatkan pengikutnya dan hewan-hewan ternak saat Allah SWT menurunkan azab banjir kepada kaum musyrik.
  • Kisah azab angin topan yang menimpa kaum musyrik ‘Ad di zaman Nabi Huud As.
  • Sedangkan kaum musyrik Tsamud yang mendustakan Allah SWT, binasa setelah disambar petir pada zaman Nabi Saleh As.

4. Kandungan surah Yusuf ayat 1-52

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta Kandungannyailustrasi salat duha (IDN Times/Dwi Agustiar)

Surah Yusuf bisa dibilang merupakan surat terindah dalam Al Qur'an karena beberapa alasan. Salah satunya, kisah yang terperinci dan penuh warna kehidupan. Selain itu, inilah beberapa kandungan surah Yusuf ayat 1-52:

  • Kisah Nabi Yusuf yang difitnah oleh saudaranya sendiri dan dimasukkan ke dasar sumur
  • Tipu daya saudara-saudara Nabi Yusuf terhadap keluarga.
  • Kesabaran Nabi Yakub, ayahanda Nabi Yusuf, dalam menunggu kabar Nabi Yusuf.
  • Peringatan Allah SWT agar menjaga diri dari perbuatan tercela, termasuk dalam kehidupan rumah tangga.
  • Mukjizat Nabi Yusuf yang mampu menafsirkan mimpi dengan tepat. Salah satunya mimpi Raja Mesir tentang akan datangnya musim paceklik.
وَقَالَ الَّذِيْ نَجَا مِنْهُمَا وَادَّكَرَ بَعْدَ اُمَّةٍ اَنَا۠ اُنَبِّئُكُمْ بِتَأْوِيْلِهٖ فَاَرْسِلُوْنِ

Wa qālallażī najā min-humā waddakara ba'da ummatin ana unabbi'ukum bita'wīlihī fa arsilụn.

Artinya: Dan berkatalah orang yang selamat di antara mereka berdua dan teringat (kepada Yusuf) setelah beberapa waktu lamanya, “Aku akan memberitahukan kepadamu tentang (orang yang pandai) menakwilkan mimpi itu, maka utuslah aku (kepadanya).” (QS. Yusuf: 45).

5. Keutamaan membaca surah Huud ayat 6-123

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta KandungannyaIlustrasi Membaca Al-Qur'an(IDN Times/Besse Fadhilah)

Melalui surah Huud ini kita menjadi paham bagaimana Allah SWT akan murka pada orang-orang yang tidak mau beriman, mengikuti jalan-Nya dan Rasulullah SAW. Berikut beberapa keutamaan surah Huud ayat 6-123:

  • Sebagai pengingat umat muslim agar tidak sombong saat mendapat rezeki dan kebahagiaan

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ لَيْسَ لَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ اِلَّا النَّارُ ۖوَحَبِطَ مَا صَنَعُوْا فِيْهَا وَبٰطِلٌ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Ulā'ikallażīna laisa lahum fil-ākhirati illan-nāru wa habita mā sana'ụ fīhā wa bātilum mā kānụ ya'malụn.

Artinya: Itulah orang-orang (yang hanya memikirkan duniawi) yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Huud: 16).

  • Sebagai pengingat kepada anak-anak agar berbakti kepada orang tua jika ingin mendapat perlindungan Allah SWT.
  • Niscaya akan dijauhkan dari siksa api neraka
  • Lebih memahami sejarah Islam dengan menyimak kisah Nabi Huud As, Nabi Saleh As, Nabi Nuh As, Nabi Luth As, Nabi Syu’aib As, Nabi Musa As, dan Nabi Ibrahim As.

6. Keutamaan membaca surah Yusuf ayat 1-52

Urutan Surah dalam Al Qur'an Juz 12, Lengkap Beserta KandungannyaJemaah salat Idul Adha di Masjid Raya Al Mashun tampak lebih lengang, Selasa (20/7/2021). Sejumlah masjid di Medan tetap menggelar salat Ied berjemaah di tengah PPKM Darurat. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Terdapat beberapa hal yang niscaya kita dapatkan bila mempelajari dan mengamalkan kandungan surah Yusuf dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Mendapat perlindungan Allah SWT dari segala tipu daya orang-orang musyrik
  • Surat yang baik dibaca oleh ibu hamil. Niscaya Allah SWT mengaruniakan calon bayi yang saleh dan diberi kelancaran saat proses persalinan.
  • Menjadi pengingat agar kita mampu menjaga amanat yang diberikan orang lain dengan sebaik-baiknya.
  • Menurut riwayat Imam Ja'far As-Sadiq, siapa pun yang membaca surah ini secara rutin, niscaya akan dibangkitkan pada Hari Akhir dengan ketampanan seperti Nabi Yusuf As.
  • Mendapat ketenangan hati, terlindungi dari ketakutan dan ketidaknyamanan, baik di Hari Akhir maupun kehidupan sehari-hari.

Demikian urutan surah dalam Al Qur'an juz 12 beserta kandungan hingga keutamannya. Sebagai umat muslim, sudah semestinya mengamini firman Allah SWT dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya