Sekilas Cerita Pemilu TPS 18 Blitar, Ada Photo Booth-nya!

Pemilih bisa berfoto di photo booth TPS #GenZMemilih

Pemilu tahun ini diselenggarakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Seperti pemilu sebelumnya, kita mencoblos untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) provinsi dan kota/kabupaten, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD). 

Kali ini, saya akan membagikan pengalaman pemilu tahun 2024 di TPS 18 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Bagaimana suasana mencoblos di kampung halaman? 

1. TPS 18 Kabupaten Blitar dilengkapi dengan photo booth untuk berfoto setelah menggunakan hak pilih

Sekilas Cerita Pemilu TPS 18 Blitar, Ada Photo Booth-nya!photo booth TPS 18 (dok. pribadi/septinsld)

Bertempat tinggal dan hidup di pedesaan masih kental dengan nilai gotong royong yang dibangun. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan masyarakat saling bahu-membahu untuk menciptakan suasana coblosan yang menyenangkan.

Tanggal 12 Februari 2024 mulai persiapan keperluan pemilu, termasuk tempat pemungutan suara (TPS). Seperti halnya TPS yang didekorasi menarik, TPS 18 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar yang telah dipersiapkan 2 hari sebelumnya dilengkapi dengan photo booth.

Saya berkesempatan mencoblos di TPS 18 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Tenda putih berdiri melindungi pemilih dari sengatan matahari. Dekorasi apik menghiasi bagian pintu masuk dan pintu keluar. Tak kalah seru, photo booth disiapkan untuk menarik minat warga dalam pemilu. Setiap pemilih bebas berfoto di area yang telah disediakan.

2. Untuk yang baru pertama kali ikut pemilu, ini alur memilih

Sekilas Cerita Pemilu TPS 18 Blitar, Ada Photo Booth-nya!Ilustrasi TPS. Alur memilih (dok. pribadi/septinsld)

Pemilu 2024 memang dinantikan oleh masyarakat di berbagai daerah. Antusias warga tidak main-main untuk mengadakan pemilu yang seru dan berkesan. Suasana ramai dan kondusif mewarnai pemilu kali ini. Berbekal selembar undangan, pemilih bergegas ke TPS sesuai jadwal (pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB). 

Setelah sampai di TPS 18, kita disambut dengan papan besar yang memuat informasi kertas pemilihan suara. Warna abu-abu untuk pemilihan presiden dan wakilnya, kuning tanda DPR RI, merah untuk DPD, biru menandai DPRD Provinsi, dan hijau untuk DPRD kabupaten/kota. Petugas mengarahkan tindakan yang harus dilakukan selama di TPS. Bagaimana alur memilih di TPS?

  1. Kertas undangan diserahkan ke KPPS yang menjaga di depan;
  2. Tanda tangan kehadiran;
  3. Menunggu panggilan untuk mengisi bilik suara yang kosong;
  4. KPPS memanggil satu persatu pemilih;
  5. Mengecek surat suara;
  6. Mencoblos calon sesuai dengan prinsip luber-jurdil;
  7. Melipat kembali kertas suara;
  8. Memasukkan kertas suara sesuai kategorinya;
  9. Memasukkan jari ke tinta biru sebagai bukti.

Karena di TPS 18 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, dilengkapi dengan photo booth, jangan lupa untuk menutup kunjungan ke TPS dengan mengabadikan momen pemilu 2024 di photo booth. 

Baca Juga: TPS Wibu di Surabaya, Petugas Pakai Kostum Anime

3. Baru pertama kali memilih, pemilih muda merasa deg-degan!

Sekilas Cerita Pemilu TPS 18 Blitar, Ada Photo Booth-nya!pemilih muda (dok. pribadi/septinsld)

"Deg-degan pas pilihan ini karena pertama kalinya memilih langsung banyak surat suara. Bingung harus pilih siapa? Apa yang harus dilakukan? Takut nggak bisa melipat surat suara" ujar Putri, pemilih di TPS 18 Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, yang baru merasakan pengalaman pertamanya ikut Pemilu.

Siapa yang tahun ini menjadi pemilih pertama kali? Narasumber yang saya wawancara baru pertama kalinya berpartisipasi dalam Pemilu. Wajar banyak hal yang dibingungkan untuk momentum baru.

Jika ada yang belum memahami alur memilih, papan informasi kertas suara di depan TPS cukup membantu untuk mengenali perbedaan surat suara. KPPS kooperatif membantu apabila peserta pemilu kesulitan melipat kembali surat suara atau memasukkan surat suara sesuai dengan kotaknya.

Kesan memilih kali ini cukup menyenangkan, ditambah dengan adanya photo booth kekinian di TPS 18 memikat hati para pemuda. Anak kecil maupun lansia juga tidak ingin kalah eksis di depan kamera. Hasil fotonya langsung bisa diakses via telepon genggam di grup tetangga. 

Pemilihan umum menjadi momentum yang ditunggu-tunggu setiap lima tahun sekali. Kepemimpinan baru, visi misi lebih segar, dan pastinya diharapkan menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Apakah kamu juga menantikan pemilu tahun ini?

Seluruh warga negara Indonesia berhak mengikuti pesta demokrasi. Namanya pesta, kita harusnya disambut dengan bahagia dan gembira. Tanpa ada tekanan, kecurangan, dan suara yang terbeli. 

Baca Juga: Kebanjiran, 4 TPS di Kota Tangerang Pemungutan Suara Susulan Besok!

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD

Bukan anak sastra, tapi kadang suka nulis saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya