Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral 

DPRD saran stiker ajakan pemilu Pj Heru diganti

Jakarta, IDN Times - DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta stiker imbauan Pemilu 2024 diganti dengan muatan yang lebih netral. Stiker bergambar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono itu hampir memenuhi sejumlah halte TransJakarta.

“Ya, saran saya mungkin sebaiknya imbauan tersebut lebih arif dan bijaksana lagi dalam packaging (pengemasan) penyampaiannya,” kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Rani Mauliani dikutip dari ANTARA, Sabtu (13/1/2024).

Stiker yang disertai foto Heru memakai seragam putih sembari mengepalkan tangan itu bertuliskan 'Pilihan Cerdas, Pemilu Aman, Indonesia Kuat!' 

Rani pun menyarankan gambar yang lebih netral pada poster ajakan Pemilu 2024 tersebut.

“Bila mau diganti dengan gambar media yang lebih netral, tapi tersisip nama Pj di dalam kata-katanya juga bisa sampaikan pesannya,” katanya.

Baca Juga: Dishub: Stiker Heru Dipasang di Halte TJ karena Belum Ada Iklan

1. Banyak pihak sensitif pada masa kampanye

Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral ilustrasi halte transjakarta (instagram.com/pt_transjakarta)

Menurut Rani, segala sesuatu perlu dicermati dengan bijaksana pada masa kampanye.

“Memang serba sulit, ya, pada masa kampanye saat ini semua jadi serba sensitif, belum lagi tingkat ‘kepo’ (knowing every particular object/serba ingin tahu) dan ‘baper’ (bawa perasaan) sangat tinggi,” kata Rani. 

Baca Juga: Stiker Heru di Halte TransJakarta Dikritik, Sekda DKI: Masalahnya Apa?

2. Poster seharusnya fokus pada isi pesan, bukan tokoh

Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral Kejutan di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra, Temukan Semangat Barumu Bersama RAN (Dok. Istimewa)

Rani menjelaskan, masyarakat seharusnya melihat isi pesan tersebut, yakni mengajak publik untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik demi menyukseskan Pemilu 2024 yang lancar, aman, dan damai.

Menurutnya, Heru sebagai pemimpin wilayah Jakarta memang sepatutnya memberi imbauan yang menyangkut keamanan, ketertiban, dan kedamaian Jakarta. Namun, saat ini Heru bukan peserta Pemilu 2024.

Maka dari itu, Rani menyarankan gambar Pj Gubernur Jakarta tersebut tidak perlu ada. 

Baca Juga: Wajah Heru Penuhi Halte TransJakarta di Masa Pemilu, Warga: Polusi Visual

3. Pemasangan stiker menyesuaikan kebutuhan masing-masing halte

Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral TransJakarta terintegrasi dengan kereta cepat. (dok. Humas TransJakarta)

Sementara itu, Manajemen PT TransJakarta juga menjelaskan, pemasangan stiker tersebut berisi imbauan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. 

“Stiker sudah kami pasang sejak 10 November 2023 lalu. Ini dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilu 2024, ajakan untuk menjaga agar pemilu berjalan aman,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo di Jakarta, Kamis (11/1/2024). 

Baca Juga: Halte TransJakarta di 13 Koridor Berubah Nama, Ini Daftarnya!

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya