Singapore Airlines Dapat Re-Sertifikasi IATA

Kargo cepat sampai dan anti rusak dengan SIA

Jakarta, IDN Times - Singapore Airlines mendapatkan re-sertifikasi atau sertifikasi ulang, yang mulai berlaku sejak 1 Februari 2024. Sertifikasi didapatkan dari Asosiasi Transportasi Udara (International Air Transport Association/IATA).

Sertifikasi ini dapat digunakan untuk penanganan produk yang rentan rusak di pusat Singapura. Melalui sertifikasi, SIA kembali divalidasi dalam memenuhi standar tertinggi industri kargo jalur udara.

SIA dalam upaya ini berusaha untuk mencegah food waste pada supply chain. Sertifikasi diberikan setelah mendapatkan beberapa masukan dari pemerintah serta beberapa pakar industri mengenai peraturan dan operasional.

“Di Singapore Airlines, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan kargo,” ujar Marvin Tan selaku Senior Vice President Cargo.

Marvin Tan menuturkan, dengan adanya sertifikasi IATA CEIV Fresh memperkuat komitmen SIA untuk  standar keamanan dan kualitas pada kargo yang rentan hancur.

Baca Juga: Singapore Airlines Buka Rute Baru ke Belgia mulai April 2024

1. SIA kerja sama dengan operator terminal dan penyedia layanan ground handling

Singapore Airlines Dapat Re-Sertifikasi IATAPotret tempat pelayanan keimigrasian di bandara (imigrasi.go.id)

Pada 2021, SIA kerja sama dengan operator terminal. Selain itu, SIA juga bekerja sama dengan  penyedia layanan ground handling terkemuka di seluruh dunia. Tujuannya untuk membentuk koridor mutu dalam jaringan pengiriman kargo.

Kerja sama juga untuk menjamin keutuhan produk yang rentan rusak selama perjalanan agar sesuai dengan standar IATA.

Hal ini mengundang tanggapan dari Nick Careen yang merupakan Senior Vice President Operations untuk Safety and Security IATA. Careen menilai bahwa SIA menunjukkan komitmen maskapai untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

Baca Juga: Perbedaan Ez Link dan Singapore Tourism Pass, Turis Wajib Tahu!

2. SIA punya 9 station yang telah tersertifikasi

Singapore Airlines Dapat Re-Sertifikasi IATAIlustrasi Parsel. (IDN Times/Aditya Pratama)

IATA juga telah memberikan sertifikasi kepada 9 station SIA. Berikut beberapa station yang telah tersertifikasi, yakni Amsterdam, Barcelona, Brussel, Frankfurt, Ho Chi Minh City, Hong Kong SAR, Hyderabad, Singapura, dan Zurich – telah memperoleh sertifikasi dalam jaringan koridor mutu tersebut. Sertifikasi tersebut mengundang ucapan selamat dari Nick Carren

“Kami mengucapkan selamat kepada Singapore Airlines atas pencapaiannya untuk mendapatkan re-sertifikasi IATA CEIV Fresh” ujar Carren.

Investasi yang dilakukan oleh SIA  berguna untuk mengurangi kerusakan serta limbah produk yang dikirimkan. SIA dinilai sebagai maskapai yang terdepan yang mengutamakan kualitas dalam industri ini.

3. Satu-satunya maskapai di ASEAN yang tersertifikasi

Singapore Airlines Dapat Re-Sertifikasi IATAGedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi di sekitar kawasan Merlion Park, Singapura. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Di Asia Tenggara atau ASEAN, SIA merupakan satu-satunya maskapai yang mendapatkan sertifikasi. Sertifikasi yang didapatkan dari IATA Centre of Excellence for Independent Validators in Perishable Logistics (CEIV Fresh). SIA menyediakan layanan khusus dalam cold chain.

Bahkan di bandara Changi, SIA menyediakan pengisian biang es (dry ice) untuk transshipment. SIA juga telah melampaui standar Internasional. Sebagai kargo yang telah tersertifikasi, Anda dapat menggunakan kargo SIA untuk mencapai tujuan Anda.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya