Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga Paskah

Bulan ini ada tiga tanggal merah lho

Di bulan ketiga tahun 2024, kamu akan mendapati banyak tanggal merah di kalender rumahmu. Meskipun salah satunya jatuh pada hari minggu, namun hari libur lainnya merupakan hari kerja atau weekdays.

Menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri terkait hari libur nasional, bulan Maret 2024 terdapat tiga hari libur dan satu hari cuti bersama. Ketiga hari ini bertepatan dengan beberapa hari besar keagamaan. Mau tahu ada perayaan apa saja? Yuk, simak daftar tanggal merah Maret 2024 di bawah ini!

1. Senin, 11 Maret 2024: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka

Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga Paskahilustrasi Hari Suci Nyepi (Pixabay.com/Raw_Image6)

Tanggal merah pertama di bulan ini jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Hari ini diperingati sebagai Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka. Hari yang dipercaya sebagai hari penyucian dewa-dewa di pusat samudra ini memiliki arti sunyi atau senyap.

Hari Suci Nyepi memiliki tujuan untuk mencari keharmonisan dan kedamaian dalam setiap diri manusia dengan mengevaluasikan diri dan merenungi hal-hal yang telah kita lakukan untuk diperbaiki di kemudian hari. Untuk itu, biasanya umat Hindu akan melakukan tapa brata penyepian atau empat pantangan selama 24 jam ke depan. Empat pantangan ini harus ditaati yakni berupa Amati Karya, Amati Lelungan, Amati Geni, dan Amati Lelanguan.

Kemudian, Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka dilanjutkan dengan cuti bersama pada Selasa, 12 Maret 2024. 

2. Jumat, 29 Maret 2024: Wafat Yesus Kristus

Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga Paskahilustrasi gereja (pexels.com/pixabay)

Tanggal merah selanjutnya jatuh pada hari Jumat, 29 Maret 2024. Hari ini diperingati sebagai hari wafatnya Yesus Kristus. Hari yang menandai peristiwa penyaliban Yesus Kristus di Bukit Golgata ini merupakan salah satu perayaan penting dalam agama Kristen yang dikenal dengan Jumat Agung. 

Jumat Agung selalu dirayakan setiap hari jumat sebelum minggu Paskah. Pada saat Jumat Agung, umat Kristiani akan melakukan puasa hingga menghadiri kebaktian, mendengarkan khutbah, memanjatkan doa, hingga menyanyikan lagu pujian. Kegiatan ini memiliki makna untuk mengenang perjuangan Yesus Kristus.

3. Minggu, 31 Maret 2024: Hari Paskah

Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga PaskahHari Raya Paskah (Unsplash.com/Tucker Good)

Daftar tanggal merah Maret 2024 selanjutnya jatuh pada hari Minggu, 31 Maret 2024. Tanggal ini diperingati sebagai hari Paskah. Salah satu perayaan penting dalam agama Kristen ini bertujuan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian dan kegelapan.

Peristiwa ini memiliki makna pembebasan manusia dari berbagai ketakutan, kekhawatiran, dan frustrasi karena Yesus Kristus telah berhasil mengalahkan maut itu sendiri. Oleh karena itu, umat Kristiani akan melakukan Ibadah Minggu Paskah yang mana mereka akan berkumpul untuk memuja dan merayakan kebangkitan Yesus Kristus dengan berbagai lagu pujian, bacaan Alkitab, hingga khotbah.

Jadi, itulah daftar tanggal merah Maret 2024 yang dimulai dari perayaan Hari Suci Nyepi oleh umat Hindu hingga perayaan Paskah oleh umat Kristiani. Selamat merayakan untuk kalian yang merayakan! 

Penulis: Rani Purwanti

Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga PaskahLibur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024 (dok. IDN Times)

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Februari 2024 dan Cuti Bersama

Topik:

  • Sierra Citra
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya