5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan Bogor

Membaca Al-Qur'an dan mendengarkan tausiah

Jakarta, IDN Times - Iktikaf merupakan salah satu amalan sunah bulan suci Ramadan, yang memiliki banyak keutamaan. Iktikaf berarti berhenti atau diam di dalam masjid dan berniat untuk beribadah kepada Allah SWT.

Setelah dua tahun ditiadakan akibat COVID-19, kini umat Islam mulai memadati masjid-masjid untuk melakukan iktikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Seperti terlihat di Masjid Istiqlal, umat muslim mendengarkan tausiah dari Imam Besar Nasaruddin Umar saat melakukan iktikaf. Selain itu, umat Islam juga melakukan kegiatan lainnya seperti tilawah massal di Bogor.

Berikut potret kegiatan iktikaf Senin, 25 April 2022 di Masjid Istiqlal dan di Bogor.

Baca Juga: Syarat dan Hukum Menjalankan Iktikaf di Bulan Ramadan Bagi Perempuan

1. Umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan membaca Al-Qur'an saat iktikaf

5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan BogorUmat Islam membaca Al-Qur'an saat iktikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (25/4/2022). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa).

2. Mengkaji ilmu dengan mendengarkan tausiah saat iktikaf dari Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar

5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan Bogory

3. Umat Islam juga ramai-ramai membaca Al-Qur'an saat kegiatan "Bogor Ngaos Al-Qur'an" di Lawang Salapan, Kota Bogor, Minggu (24/4/2022)

5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan BogorSejumlah umat Islam membaca Al-Qur'an saat kegiatan Bogor Ngaos Al-Qur'an di Lawang Salapang, Minggu (24/4/2022). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp).

4. Kegiatan "Bogor Ngaos Al-Qur'an" diikuti 1.000 peserta dari 63 komunitas wilayah Kota/Kabupaten Bogor

5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan BogorSeribu peserta dari wilayah Kota/Kabupaten Bogor ikut serta dalam kegiatan Bogor Ngaos Al-Qur'an. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp).

5. Kegiatan "Bogor Ngaos Al-Qur'an" bertujuan mendakwahkan dan mensyiarkan membaca Al-Qur'an di bulan suci Ramadan

5 Potret Kegiatan Iktikaf Umat Islam di Masjid Istiqlal dan BogorBogor Ngaos Al-Qur'an bertujuan mendakwahkan dan mensyiarkan membaca Al-Qur'an di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp).

Itulah potret umat muslim dalam melaksanakan kegiatan iktikaf di masjid-masjid pada 10 hari terakhir Ramadan 1143 Hijriah.

Baca Juga: 1.500 Masjid dan Musala di Kota Bogor Batasi Jemaah Iktikaf

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya