COVID-19 Masih Ada, Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Tetap Waspada

Tercatat 5.920 jemaah dan petugas sudah ke Tanah Suci

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Akhmad Fauzin, mengingatkan jemaah haji Indonesia mengenai masih adanya penyebaran virus COVID-19. Meskipun data kasus terpapar sangat rendah, namun hal itu tetap perlu diwaspadai. 

Hal ini diungkapkan Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers terkait situasi terkini penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (6/6/2022). 

“Kami sangat berharap seluruh jemaah, baik yang telah berangkat dan yang akan berangkat, serta masyarakat pada umumnya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik,” kata Akhmad Fauzin. 

Baca Juga: 22 Jemaah Haji Terpapar COVID-19, Sebagian Tertunda ke Tanah Suci

1. Jemaah calon haji harus istirahat yang cukup agar aktivitas lancar

COVID-19 Masih Ada, Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Tetap WaspadaKepala Biro Humas Data dan Informasi Kemenag, Ahmad Fauzin (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Kementerian Agama (Kemenag) mewajibkan para jemaah calon haji memberikan hasil tes PCR negatif yang dilakukan paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan. Jemaah dengan hasil tes PCR positif, akan tertunda keberangkatannya untuk diisolasi hingga negatif.

Selain itu, Fauzin yang juga juru bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1443 H/2022 M berpesan kepada jemaah untuk istirahat yang cukup, sehingga aktivitas bisa berjalan lancar. 

“Pesan kami bagi jemaah, tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, memakai masker ketika berkumpul di ruangan,” ujar Fauzin. 

2. Sudah 5.920 jemaah dan petugas yang berangkat ke Tanah Suci

COVID-19 Masih Ada, Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Tetap WaspadaSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Fauzin memaparkan, operasional penyelenggaraan ibadah haji saat ini memasuki hari ke-3 fase pemberangkatan jemaah. Total sudah 5.920 jemaah dan petugas yang diberangkatkan ke Tanah Suci dan mereka tergabung dalam 15 kelompok terbang (kloter).

“Hari ini, ada 2.046 jemaah dan petugas yang akan diberangkatkan ke Madinah. Mereka tergabung dalam 5 kloter dan akan berangkat dari 4 embarkasi,” jelas Fauzin.

3. Data keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 6 Juni 2022

COVID-19 Masih Ada, Kemenag Ingatkan Jemaah Calon Haji Tetap WaspadaIlustrasi Jamaah Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Berikut data keberangkatan jemaah haji Indonesia pada 6 Juni 2022:

1. Embarkasi Jakarta Pondokgede (JKG) sebanyak 1 kloter (393 orang)

2. Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 1 kloter (393 orang)

3. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1 kloter (360 orang)

4. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 2 kloter (masing-masing 450 orang)

Baca Juga: Makanan Jemaah Haji di Saudi Dimasak Chef Asal Lombok

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya