Kreatif! Kelurahan di Jakut Kompak Hiasi Wilayahnya dengan Seni Mural

Tanaman merambat pada mural memberikan kesan unik

Jakarta, IDN Times - Jajaran kelurahan di wilayah Jakarta Utara saat ini tengah menjadikan seni mural sebagai sebuah inovasi untuk menghias wajah lingkungan.

Hal itu dilakukan melalui kreativitas pelukis mural yang menghasilkan gambar unik dan menarik sehingga mampu mempercantik tampilan wilayah. 

"Saat ini, pembuatan mural sudah dilakukan di lokasi parkiran motor Pasar Sunter Kirana. Di situ ada tembok yang memiliki tanaman merambat. Jika dilihat sekilas seakan-akan tanaman yang mengganggu. Dari situ muncul ide untuk mempercantik area pasar terutama area parkiran sehingga area tersebut menjadi lebih hidup," kata Lurah Sunter Jaya, Eka Persilian Yeluma, melalui rilis KOMINFOTIK JU, Jumat (16/9/2022). 

Baca Juga: Sempat Vakum, Festival Pesisir 2022 di Jakarta Utara Digelar Lagi

1. Lurah Sunter Jaya mengerahkan anggota PPSU

Kreatif! Kelurahan di Jakut Kompak Hiasi Wilayahnya dengan Seni MuralDok. KOMINFOTIK JU

Sebagai upaya mendukung pembuatan mural, Eka mengerahkan anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Sunter Jaya yang memiliki keahlian melukis mural. 

"Pembuatan mural dikerjakan seluruhnya oleh PPSU Kelurahan Sunter Jaya. Tema khusus dalam pembuatan mural di lokasi ini adalah anak kecil yang nyaman bermain kupu-kupu di pasar. Nantinya, pembuatan mural juga dilakukan di Jalan Pulo Besar 1 RW 11, Sunter Jaya," kata Eka.

Baca Juga: 3.000 Murid SD di Jakarta Utara Ikuti Kampanye Gemar Makan Ikan

2. Tanaman merambat pada mural memberikan kesan unik

Kreatif! Kelurahan di Jakut Kompak Hiasi Wilayahnya dengan Seni MuralMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Eka menjelaskan, pemanfaatan tanaman yang merambat dalam pembuatan mural dapat memberikan kesan unik bagi warga.

"Dengan adanya mural yang memanfaatkan tanaman hidup di wilayah Sunter Jaya diharapkan akan mengubah persepsi warga bahwa tanaman merambat yang cenderung mengganggu ternyata dapat terlihat menjadi lebih indah apabila dipadukan dengan mural," ujar Eka.

Baca Juga: Wagub Riza Ungkap Alasan Proyek ITF Sunter Mandek

3. Kelurahan Pluit sudah membuat hiasan tanaman merambat

Kreatif! Kelurahan di Jakut Kompak Hiasi Wilayahnya dengan Seni MuralDok. KOMINFOTIK JU

Selain di Sunter Jaya, wilayah lainnya, yaitu Kelurahan Pluit juga melakukan hal serupa. Lurah Pluit, Sumarno, mengatakan, hiasan tanaman merambat juga telah dilakukan di Kelurahan Pluit. 

"Lukisan mural dengan hiasan tanaman merambat juga sudah dibuat di wilayah Muara Angke yang mengarah ke Apartemen Green Bay Pluit. Selanjutnya, kami akan cari lokasi yang lebih bagus lagi untuk pembuatan mural," ucap Sumarno.

Baca Juga: Bareskrim Polri Tangkap 8 Pengelola Judi Online di Apartemen Pluit 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya