3.000 Murid SD di Jakarta Utara Ikuti Kampanye Gemar Makan Ikan

Para murid diharapkan gemar makan ikan dan olahannya

Jakarta, IDN Times - Sebanyak tiga ribu murid SD di Jakarta Utara mengikuti kegiatan Safari Kampanye Gerakan Memasyarakatkan (Gemar) Makan Ikan.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Jakarta Utara, Unang Rustanto, mengatakan, terdapat enam lokasi yang menggelar kegiatan tersebut di Jakarta Utara pada tahun 2022.

Lokasi terakhir kampanye digelar adalah di SDN 01, 03, dan 07 Kebon Bawang, Tanjung Priok, Rabu (7/9/2022).

“Jadi ini rangkaian ke enam. Lima kecamatan sebelumnya sudah kami selenggarakan dengan rata-rata setiap lokasi penyelenggaraan diikuti lima ratus siswa sehingga totalnya ada tiga ribu siswa yang mengikuti,” kata Unang Rustanto, dikutip dari siaran pers, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Pemkot Jakut Terima Aset Fasos Fasum Senilai Rp104 Miliar dari Swasta

1. Biasakan murid konsumsi ikan dan olahannya

3.000 Murid SD di Jakarta Utara Ikuti Kampanye Gemar Makan IkanSalah satu murid mengikuti kegiatan Safari Kampanye Gemar Makan Ikan di Jakarta Utara, Rabu (7/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Unang mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak para murid membiasakan diri untuk mengonsumsi ikan dan olahannya.

Dalam kegiatan itu, setiap murid juga mendapat kotak camilan dan bingkisan berisi olahan ikan.

“Kami berharap siswa membiasakan diri untuk mengonsumsi olahan ikan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan, maupun mempercepat pemulihan karena terdapat kandungan protein yang tinggi pada ikan,” katanya.

Baca Juga: Cegah Banjir, Pembangunan Waduk Belibis di Jakut Harus Dipercepat

2. Kegiatan diisi edukasi bertema gemar makan ikan

3.000 Murid SD di Jakarta Utara Ikuti Kampanye Gemar Makan IkanKegiatan penampilan para murid dalam acara Safari Kampanye Gemar Makan Ikan di Jakarta Utara, Rabu (7/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara)

Unang mengatakan, dalam setiap kegiatan yang digelar, para murid diberikan edukasi tentang pentingnya mengonsumsi ikan.

Selain edukasi, mereka juga mendengarkan dongeng yang bertema gemar makan ikan.

Para peserta juga menunjukkan penampilan kreatif dalam acara tersebut.

Baca Juga: Nawal Lubis Kampanyekan Gemar Makan Ikan untuk Anak

3. Mantapkan binaan JakPreneur untuk tingkatkan olahan ikan

3.000 Murid SD di Jakarta Utara Ikuti Kampanye Gemar Makan IkanKepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto di acara Safari Kampanye Gemar Makan Ikan di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/9/2022). (Dok. Humas Pemkot Jakarta Utara).

Sejalan dengan Safari Kampanye Gemar Makan Ikan, kata Unang, pihaknya juga semakin memantapkan kuantitas dan kualitas binaan JakPreneur terhadap olahan ikan.

Disamping produk-produk JakPreneur dibina untuk dikonsumsi sendiri, pihaknya akan meningkatkan binaan JakPreneur untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan olahan ikan.

“JakPreneur pun sejalan dengan Safari Kampanye Gemar Makan Ikan dengan pembinaan terhadap olahan ikan sehingga selain dikonsumsi sendiri juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga,” ucapnya.

Baca Juga: Anies Harap 95 Persen UMKM DKI Bisa Didongkrak Lewat QRIS Jakpreneur

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya