Mau Mudik Bawa Motor? Kirim via KAI Saja, Gratis! Catat Tanggalnya

Pendaftaran dibuka sampai 8 Mei 2022

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan kembali menggelar Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemik COVID-19. Pelaksaan program ini akan dimulai sejak 26 April hingga 9 Mei 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan Motis 2022 ini. Zulfikri mengatakan, program ini sebagai upaya pemerintah untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melakukan mudik.

"Berdasarkan survei yang dilakukan Balitbang Kemenhub, diprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik tahun ini, tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya," kata Zulfikri dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis 21 April 2022.

1. Mengurangi risiko kecelakaan pemudik berkendara roda dua

Mau Mudik Bawa Motor? Kirim via KAI Saja, Gratis! Catat TanggalnyaIDN Times/Holy Kartika

Baca Juga: Kemenhub Cek Kesiapan Angkutan Lebaran, Bus Pariwisata Dilarang Mudik 

Zulfikri menjelaskan, program Motis ini diselenggarakan untuk mengurangi angka pemudik dengan menggunakan kendaraan roda dua. Hal ini karena dikhawatirkan akan menghadapi risiko keselamatan yang tinggi jika memaksakan diri mudik dengan kendaraan roda dua.

“Guna menarik minat masyarakat agar beralih dari kendaraan roda dua dan memanfaatkan program Motis ini, akan dibuka juga untuk penumpang yang mudik dengan menggunakan bus/travel, selain bagi penumpang kereta api yang telah memiliki tiket yang selama ini dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI Group mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

“KAI Group siap untuk ikut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2022 ini,” kata Didiek.

2. Tetap menegakkan prokes

Mau Mudik Bawa Motor? Kirim via KAI Saja, Gratis! Catat TanggalnyaIlustrasi antrean saat Mal di Jakarta kembali dibuka pada 15 Juni 2020 (IDN Times/Athif Aiman)

Zulfikri menambahkan bahwa protokol kesehatan tetap perlu ditegakkan pada penyelenggaraan Motis ini. Sehingga bagi calon peserta Motis diimbau tetap mematuhi persyaratan perjalanan yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 yang telah di addendum dengan Surat Edaran Nomor  49 Tahun 2022.

"Sehingga (pemudik) dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum perjalanan dengan memenuhi ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan,” ujar Zulfikri.

3. Angkutan motor gratis melayani PP berbagai rute

Mau Mudik Bawa Motor? Kirim via KAI Saja, Gratis! Catat TanggalnyaInstagram.com/@ditjenperkeretaapian

Untuk diketahui, angkutan Motis ini melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP) dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang dan Lintas Selatan dimulai dari  Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, dan Stasiun Purwosari.

Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan dua kereta api dengan rangkaian masing-masing 8 gerbong bagasi (Gerbong B) dan akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26-30 April 2022, yang kemudian dilanjutkan periode arus balik pada 5-9 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman. Selain itu, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik selaku pihak penyelenggara yang telah ditunjuk oleh Pemerintah.

4. Pendaftaran angkutan motor gratis mulai 21 April

Mau Mudik Bawa Motor? Kirim via KAI Saja, Gratis! Catat TanggalnyaIlustrasi kereta api. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Direktur Utama KAI Logistik, TLN. Ahmad Malik Syah menjelaskan, KAI Logistik menerima pendaftaran angkutan Motis mulai 21 April hingga 8 Mei 2022 dengan menyesuaikan ketersediaan kuota. Peserta dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022 ataupun pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

“Ini merupakan kali kedua KAI Logistik kembali ditugaskan sebagai ekspedisi/pelaksana kegiatan angkutan motor gratis. Kami sangat senang dapat terlibat dan menjadi bagian dari serangkaian kegiatan mudik dimana ini merupakan mudik pertama di masa pandemik," ujarnya.

KAI sendiri telah memastikan kesiapan pendukung operasional baik sarana, SDM hingga sistem untuk angkutan Motis 2022 dan siap mengangkut 9.280 motor untuk arus mudik dan balik sesuai dengan kuota yang disediakan pemerintah.

Baca Juga: Angkutan Barang Dibatasi Saat Arus Mudik, Kecuali Truk BBM-Pangan 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya