PAN Gabung Kabinet Jokowi, Gerindra: Kami Hormati 100 Persen

Hubungan Gerindra dan PAN berjalan baik

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengungkapkan, sampai saat ini tidak ada informasi resmi yang diterima Gerindra terkait penambahan kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ia tidak mempermasalahkan bergabungnya PAN ke kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 

"Sampai saat ini kami belum secara resmi menerima informasi soal penambahan kursi ya di Gerindra," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Ungkap Kriteria Pilih Zulkifli dan Hadi Jadi Menteri

1. Penunjukan menteri merupakan hak prerogatif Jokowi

PAN Gabung Kabinet Jokowi, Gerindra: Kami Hormati 100 PersenWakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman (IDN Times/Siti Nurhaliza)

Habiburokhman mengatakan, keputusan penambahan atau pengurangan menteri, merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Kami perlu menggarisbawahi, hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden. Mau ditambah, mau ditukar atau mau dikurangi saya pikir beliaulah satu-satunya user yang paling paham keperluannya seperti apa, dan kami 100 persen menghormati hal tersebut," ujar dia.

2. Gerindra punya hubungan baik dengan PAN

PAN Gabung Kabinet Jokowi, Gerindra: Kami Hormati 100 PersenKetua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid (kelima kanan) saat di acara HUT ke-14 Partai Gerindra di kantor DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang (Dok. Gerindra Jateng)

Selain itu, Habiburokhman menjelaskan, Gerindra tidak bermasalah dengan bergabungnya PAN sebagai partai koalisi pemerintah, dan mendapatkan kursi menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

"Kami gak ada masalah, kami dengan PAN punya hubungan yang baik. Pak Zul kalau memang benar beliau masuk kabinet juga sosok yang punya hubungan baik dengan pimpinan kami Partai Gerindra," ujar dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Jadi Mendag, Zulkifli Siap Kerja Sama Luhut Bereskan Migor

3. Gerindra nilai PAN tidak sulit sesuaikan frekuensi

PAN Gabung Kabinet Jokowi, Gerindra: Kami Hormati 100 PersenIlustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Habiburokhman menilai, Zulkifli tidak akan sulit menyesuaikan tugas sebagai menteri untuk memaksimalkan kerja pemerintah.

"Beliau juga saya pikir gak akan sulit mencari frekuensi yang sama, untuk terus memaksimalkan kerja di posisi di mana beliau ditunjuk. Karena kan ini waktu kabinet ini gak terlalu lama lagi ya, jadi ga akan banyak penyesuaian, saya pikir seperti itu," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya