Anies Nyapres, Wagub Riza: Saya Tak Ingin Campuri Politik Pribadi

Riza terang-terangan mendukung Prabowo nyapres

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, merupakan hak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mencalonkan diri sebagai Presiden Indonesia pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

“Ya, sudah sering saya sampaikan bahwa setiap warga negara itu punya hak dipilih maupun memilih, jadi setiap warga negara silakan saja. Itu hak masing-masing, tentu itu hak pribadi setiap warga, saya sebagai Wagub tidak ingin mencampuri wilayah politik pribadi-pribadi ya,” kata Riza, di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Nyapres, Anies Baswedan Disebut Tokoh Hasil Politik Identitas

1. Riza berpendapat Anies juga boleh mencalonkan

Anies Nyapres, Wagub Riza: Saya Tak Ingin Campuri Politik PribadiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Riza yang juga kader Partai Gerindra menuturkan, sah-sah saja jika Anies akhirnya nanti mencalonkan diri sebagai Presiden pada Pemilu 2024.

“Saya juga punya ketua umum yang kebetulan mencalonkan. Bagi Pak Anies, itu hak Pak Anies atau siapapun, ada Pak Ganjar, Ibu Puan, Muhaimin, Airlangga. Ada Erick Thohir, siapa saja, itu hak ya, tentu semua harus melalui mekanisme yang ada,” ujar Riza.

Riza juga secara terang-terangan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai capres 2024-2029.

“Sebagai pribadi, sebagai warga negara siapa saja warga negara lain yang mau mencalonkan, itu hak masing-masing. Saya tidak ingin memcampuri, silakan saja,” katanya.

Baca Juga: Soal Capres 2024, Wagub DKI Pastikan Dukung Prabowo Bukan Anies

2. Selesai jabat wagub, Riza kembali ke partai

Anies Nyapres, Wagub Riza: Saya Tak Ingin Campuri Politik PribadiWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, tidak akan lama lagi, masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta akan selesai. Riza pun memastikan bahwa dirinya akan kembali ke Partai Gerindra.

“Tentu kami kembali ke habitat masing-masing, seperti saya ini ketua partai, DPD, dan Provinsi DKI Jakarta. Tentu tugas saya adalah melaksanakan tugas partai, memenangkan Partai Gerindra agar menang di DKI Jakarta,” ujarnya.

Namun, yang paling penting, kata Riza, memenangkan Prabowo sebagai Presiden pada tahun 2024-2029 merupakan tugasnya nanti.

“Saya akan kembali ke partai melaksanakan tugas-tugas partai,” kata Riza lagi.

Baca Juga: Wagub Riza Pamit Jelang Jabatan Berakhir: Maaf Atas Kekurangan

3. Pasti dukung Prabowo

Anies Nyapres, Wagub Riza: Saya Tak Ingin Campuri Politik PribadiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Riza juga menegaskan, dirinya mendukung Prabowo untuk nyapres tahun depan. Riza mengatakan, Partai Gerindra telah resmi mengusung Prabowo sebab hal itu merupakan keputusan partai.

“Ya sebagai ketua DPD, tugas saya menyukseskan Ketua Umum Gerindra, Prabowo, yang sudah ditentukan melalui Rapimnas 2024. Yang lainnya, ya itu tugas partai masing-masing,” ucap Riza, kala itu.

Baca Juga: Prabowo Sindir Kader Lupa Diri, Tapi Puji Wagub DKI Riza Patria 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya