1 Jemaah Belum Ditemukan, Pencarian Akan Diserahkan ke Wakil di KJRI

Petugas akan mencari sampai operasional haji 2023 berakhir

Jeddah, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023 terus mencari 1 jemaah yang hingga saat ini masih hilang. Jemaah tersebut bernama Idun Rohim Zen bin Rohim dari kloter 20 Embarkasi Palembang (PLM),

Idun merupakan salah satu dari 3 jemaah yang hilang saat puncak haji akhir Juni lalu. Namun dua di antaranya sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kini tinggal Idun yang masih dicari

Ketua PPIH 2023 Subhan Cholid mengatakan, pihaknya akan terus mencari Idun sampai berakhirnya masa operasional haji 2023.

Baca Juga: Cari 1 Jemaah Haji yang Masih Hilang, Petugas PPIH Sisir Jeddah

1. Berkoordinasi dengan maktab dan kepolisian Makkah untuk pencarian

1 Jemaah Belum Ditemukan, Pencarian Akan Diserahkan ke Wakil di KJRIJemaah haji duduk di luar tenda di Arafah, Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Subhan mengatakan, sebelum berangkat ke Jeddah, Kamis (20/7/2023), telah berkoordinasi dengan maktab dan kepolisian Makkah untuk meng-update hasil pencarian mereka.

"Tim PPIH Linjam (Perlindungan Jemaah) dan teman-teman juga terus melakukan upaya pencarian, mudah-mudahan segera bisa kita temukan dan kita terus melakukan komunikasi dengan keluarganya," jelas Subhan, Kamis di Kantor Urusan Haji Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah

2. Pencarian akan diserahkan kepada perwakilan PPHI di KJRI

1 Jemaah Belum Ditemukan, Pencarian Akan Diserahkan ke Wakil di KJRIKetua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid

Subhan menegaskan, bila sampai masa operasional haji 2023 habis dan Idun belum ditemukan, maka pencarian akan diserahkan kepada perwakilan PPHI di KJRI.

Hingga Jumat (21/7/2023) operasional haji telah memasuki hari ke-59. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Jumat ini pukul 16.25 WIB, jemaah haji yang sudah dipulangkan ke Tanah Air sebanyak 116.318 orang dari 307 kloter.

Sememtara jemaah haji yang wafat berjumlah 702 orang.

Baca Juga: Pemulangan Jemaah Haji dari Jeddah Berakhir, Madinah Baru Dimulai

3. Jemaah haji gelombang dua mulai dipulangkan dari Bandara Madinah

1 Jemaah Belum Ditemukan, Pencarian Akan Diserahkan ke Wakil di KJRIJemaah haji pulang ke Tanah Air (IDN Times/Sunariyah)

Sejak 18 Juli, jemaah haji gelombang kedua sudah dipulangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis Madinah. Sementara jemaah haji gelombang pertama sudah selesai pemulangannya dari Bandara Jeddah.

"Mudah-mudahan jemaah (gelombang dua) bisa melakukan ibadah di Madinah dan juga PPIH Daker Madinah bisa memberikan layanan terbaiknya, dan tetap bersemangat sampai akhir masa operasional haji di tahun 1444 H," papar Subhan.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya