2 Prajurit TNI Terluka dalam Baku Tembak dengan KKB di Nduga Papua

Kontak senjata terjadi di Pos Mapnduma yang dijaga TNI

Jakarta, IDN Times - Baku tembak antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan prajurit TNI kembali terjadi di Papua. Dalam baku tembak dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mapnduma Kabupaten Nduga itu, dua prajurit dari Yonif 751/VJS terluka.

"Memang benar ada dua prajurit terluka dalam baku tembak dengan kelompok Egianus," kata Pangdam XVII Cenderawasjh Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono di Jayapura, seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (14/7/2021)​​​​​​.

Baca Juga: KKB Tembak 1 Anggota Satgas Nemangkawi di Yahukimo Papua   

1. Kontak senjata terjadi di Pos Mapnduma yang dijaga TNI

2 Prajurit TNI Terluka dalam Baku Tembak dengan KKB di Nduga PapuaKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Mayjen TNI Yogo mengungkapkan, kontak senjata antara KKB dan prajurit TNI terjadi sekitar pukul 11.30 WIT di Pos Mapnduma yang dijaga anggota Yonif 751/VJS, yang tergabung dalam satgas pengamanan daerah rawan.

Dua prajurit yang terluka, yakni Lettu Inf. Sukma mengalami luka di dahi akibat terkena pecahan proyektil peluru, dan Praka Hamid luka di pinggul.

"Keduanya sekitar pukul 14.30 WIT dievakuasi ke Timika. Saat ini masih dirawat di RSUD Timika," kata Yogo.

2. Baku tembak berlangsung 60 menit

2 Prajurit TNI Terluka dalam Baku Tembak dengan KKB di Nduga PapuaKKB Kalikopi Ferry Ellas tewas ditembak tim gabungan, Minggu (28/2/2021) (Dok. Humas Mabes Polri)

Baku tembak tersebut, ujar Yogo, berlangsung sekitar 60 menit. Sebelumnya, pada Selasa 6 Juli 2021, kelompok Egianus juga menembaki anggota yang bertugas di Distrik Yall saat mengamankan kedatangan logistik, yang dikirim pakai helikopter.

Akibatnya, kata Pangdam, tiga anggota dari Yonif 310/KK terluka, yakni Praka Sigit mengalami luka tembak di pinggang, Pratu Masmur mengalami luka terserempet peluru di bagian kepala, serta Prada Rudi mengalami luka di bagian bibir atas terkena rekoset.

3. Kondisi tiga prajurit TNI yang ditembak KKB stabil

2 Prajurit TNI Terluka dalam Baku Tembak dengan KKB di Nduga PapuaOperasi penumpasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. (Dok. TNI)

Menurut Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, kontak tembak dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya pada Selasa 6 Juli itu terjadi sekitar pukul 11.40 WIT. Dari laporan yang diperoleh, kondisi ketiga prajurit TNI tersebut stabil.

Sebelumnya KKB pimpinan Egianus Kogoya, awal bulan Desember 2018 dilaporkan membunuh 24 pekerja jembatan dari PT. Istana Karya.

Baca Juga: Dor! KKB Tembak 5 Warga di Kabupaten Yahukimo Papua, 4 Meninggal 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya