2 Topik Ini Diprediksi Jadi Sorotan Utama Saat Debat Capres Kedua

Topik infrastruktur kemungkinan dikaitkan dengan utang

Jakarta, IDN Times - Debat capres 2019 putaran kedua akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), 17 Februari mendatang. Di debat kedua ini, tema yang dibahas adalah energi dan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastuktur.

Pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira memprediksi, dalam debat nanti topik paling hangat yang akan dibahas  adalah divestasi saham Freeport.

Baca Juga: Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki jadi Moderator Debat Capres Kedua 

1. Divestasi saham Freeport dan Blok Rokan diprediksi jadi topik terhangat

2 Topik Ini Diprediksi Jadi Sorotan Utama Saat Debat Capres KeduaIDN Times/Sukma Shakti

Menurut Bhima, divestasi saham Freeport merupakan hal paling menarik untuk dijadikan bahan serangan dari capres penantang, maupun pembelaan dari capres petahana.

"Kemudian masalah Blok Rokan juga akan dibahas," kata Bhima di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (28/1).

2. Topik terhangat lain yakni infrastruktur yang kemungkinan dikaitkan dengan utang

2 Topik Ini Diprediksi Jadi Sorotan Utama Saat Debat Capres KeduaFacebook/Presiden Joko Widodo

Bhima juga memperkirakan topik infrastruktur akan menjadi bahasan hangat berikutnya, serta kemungkinannya dikaitkan dengan masalah utang, penyerapan tenaga kerja, dan dampak berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah.

"Infrastruktur yang menurunkan biaya logistik tentunya akan memenangkan siapa pun presiden baru nantinya," ujar Bhima di sela forum diskusi bertema "Ekonomi Indonesia Pascapemilu Presiden 2019".

3. Masalah BBM jadi topik populis dalam debat Pilpres 2019

2 Topik Ini Diprediksi Jadi Sorotan Utama Saat Debat Capres KeduaIDN Times/Bela Ikhsan

Sedangkan terkait topik bahan bakar minyak (BBM), dia memperkirakan topik ini akan menjadi topik populis dalam debat Pilpres 2019 babak kedua nanti.

Terkait dengan tema lingkungan hidup, menurut Bhima, kemungkinan tidak menjadi isu menarik dalam debat, mengingat masalah kebakaran hutan dianggap berhasil diatasi Pemerintahan Jokowi.

4. Debat dipandu 2 moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki

2 Topik Ini Diprediksi Jadi Sorotan Utama Saat Debat Capres KeduaInstagram/@tomtjok @anishadasuki

Debat capres kedua, 17 Februari 2019, akan dipandu oleh dua orang moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Keduanya merupakan jurnalis dan presenter di stasiun televisi INews TV.

Penentuan itu berdasarkan kesepakatan antara KPU bersama tim pemenangan kedua capres-cawapres yakni Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

KPU juga telah menentukan beberapa nama yang akan dijadikan sebagai panelis dalam debat kedua nanti. Mereka merupakan akademisi hingga guru besar yang berasal dari beberapa perguruan tinggi ternama seperti UI, ITB, IPB, UNDIP, Airlangga, UGM. Ada juga dari WALHI.

Baca Juga: Begini Format Baru Debat Pilpres Kedua pada 17 Februari Mendatang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya