AHY Tetapkan Emil Dardak Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur

Emil punya waktu 14 hari untuk susun kepengurusan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menetapkan Emil Elestianto Dardak untuk menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Hal ini diungkapkan oleh Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

"Iya, sudah ditetapkan Pak Emil Dardak sebagai ketua," ujar Herman di Surabaya, seperti dilansir ANTARA, Rabu (30/3/2022) malam.

Herman yang juga anggota DPR RI, membenarkan bahwa Emil Dardak, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim, telah selesai menandatangani berita acara penetapan di Jakarta.

Baca Juga: AHY Temui Surya Paloh Hari Ini, Ada Apa? 

1. Emil punya waktu 14 hari untuk susun kepengurusan

AHY Tetapkan Emil Dardak Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa TimurWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Usai diangkat sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, selanjutnya Emil diberikan waktu 14 hari untuk menyusun kepengurusan.

"Nanti surat keputusan akan dikeluarkan setelah pengurus terbentuk," kata Herman.

Emil Dardak sendiri saat dihubungi membenarkan dirinya telah ditetapkan sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat Jatim.

"Iya sudah. Terima kasih dan mohon restunya," ujar suami Arumi Bachsin tersebut.

2. Emil Dardak bersaing dengan Bayu Airlangga

AHY Tetapkan Emil Dardak Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa TimurEmil Elestianto Dardak. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya, Musyawarah Daerah (Musda) VI Demokrat Jatim telah digelar pada 20 Januari 2022 di Surabaya, dan dihasilkan pengusulan dua nama ke DPP.

Masing-masing nama adalah Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim Bayu Airlangga.

Sebelum dinyatakan demisioner saat musda, Emil Dardak merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Demokrat Jatim, sedangkan Bayu Airlangga adalah Plt Sekretaris-nya.

Setelah musda, keduanya mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon ketua di hadapan Tim 3, yakni Ketua Umum AHY, Sekretaris Jenderal Teuku Rafly Harsya, dan Ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron.

3. AHY sebut siapa pun yang terpilih merupakan kader terbaik

AHY Tetapkan Emil Dardak Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa TimurKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, AHY melakukan safari politik di Jatim dan meminta ke pengurus di daerah maupun cabang, serta kader di Jatim mendukung nama yang ditunjuk DPP.

Putra sulung Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menegaskan, siapa pun yang terpilih adalah kader terbaik untuk memimpin partai Demokrat di Jatim periode lima tahun ke depan.

Baca Juga: AHY Tetapkan Suami Politisi Gerindra Jadi Ketua Partai Demokrat NTB 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya