Angelina Jolie Temui Korban Banjir di Pakistan, Peringatkan soal Ini

Angelina Jolie serukan masyarakat dunia bantu korban banjir

Jakarta, IDN Times - Bintang Hollywood dan Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Urusan kemanusiaan, Angelina Jolie, mengunjungi korban banjir di Pakistan.

Dikutip dari NDTV, Jumat (23/9/2022), Pakistan dihantam hujan lebat yang belum pernah terjadi sebelumnya, hingga menyebabkan sepertiga wilayah negara itu atau seluas area Inggris, direndam banjir.

Angelina Jolie pun menyebut, bencana banjir dahsyat di Pakistan ini harus menjadi peringatan dan sekaligus untuk "membangunkan dunia" terkait masalah perubahan iklim. Dia juga menyerukan dunia untuk membantu korban banjir.

Baca Juga: Angelina Jolie Kunjungi Yaman, Soroti Krisis Kemanusiaan

1. Angelina Jolie minta masyarakat dunia lebih peduli pada korban banjir Pakistan

Angelina Jolie Temui Korban Banjir di Pakistan, Peringatkan soal IniAngelina Jolie datangi Pakistan dan bertemu dengan warga yang mengungsi karena banjir. (IRC/Saima Javaid/Handout via Twitter @RESCUEorg)

Berdasarkan data terbaru pemerintah Pakistan, bencana banjir dahsyat tersebut telah menyebabkan hampir 1.600 orang tewas. Bencana ini juga memaksa lebih dari 7 juta
orang mengungsi. Banyak korban selamat mengungsi di tenda-tenda darurat dengan akses air bersih yang sulit.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini," ujar Angelina Jolie dalam rekaman yang dirilis, Kamis (22/9/2022).

Angelina Jolie sebelumnya pernah mengunjungi Pakistan pada 2010 untuk menemui korban banjir dan mengunjungi korban gempa mematikan pada 2005.

"Saya benar-benar bersama Anda dalam mendorong masyarakat internasional untuk berbuat lebih banyak," ujarnya.

2. Angelina Jolie peringatkan soal bahaya perubahan iklim yang sudah terjadi

Angelina Jolie Temui Korban Banjir di Pakistan, Peringatkan soal IniAngelina Jolie datangi Pakistan dan bertemu dengan warga yang mengungsi karena banjir. (IRC/Saima Javaid/Handout via Twitter @RESCUEorg)

Angelina Jolie menyebutkan, banjir dahsyat yang menimpa Pakistan ini merupakan peringatan nyata tentang bahaya perubahan iklim. 

"Saya kira ini adalah peringatan nyata buat dunia tentang di mana kita berada," ujarnya saat berbicara di sebuah pertemuan dengan pejabat sipil dan militer di Ibu Kota Pakistan, Islamabad.

"Perubahan iklim tidak hanya nyata dan tidak hanya datang, ini sangat banyak di sini," tegasnya.

3. Akibat banjir dahsyat, bencana kedua ancam Pakistan, masyarakat dunia diminta membantu

Angelina Jolie Temui Korban Banjir di Pakistan, Peringatkan soal IniIlustrasi protokol kesehatan virus corona (COVID-19). ANTARA FOTO/REUTERS/Akhtar Soomro

Disebutkan, Angelina Jolie mengunjungi Provinsi Sindh selatan, salah satu daerah yang paling parah terdampak banjir. Banyak korban tinggal di kamp-kamp.

Terkait banjir ini, PBB telah memperingatkan "bencana kedua" akibat penyakit yang muncul seperti demam berdarah, kolera, diare serta kurang gizi.

"Saya telah berbicara dengan orang-orang dan berpikir bahwa jika bantuan yang datang tidak cukup, mereka tidak akan ada di sini dalam beberapa minggu ke depan, mereka tidak akan berhasil," kata Angelina Jolie.

Baca Juga: Sekjen PBB Sebut Banjir di Pakistan sebagai Pembantaian Iklim

Topik:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya