Cek Pulau Terluar Indonesia, Mahfud dan Tito Mendarat di Pulau Rondo  

Pulau Rondo salah satu dari 111 pulau-pulau kecil milik RI

Sabang, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga ketua Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian berkunjung ke Pulau Rondo yang menjadi bagian dari wilayah Kotamadya Sabang, Aceh, Rabu (21/12/2022).

Keduanya berkunjung ke Pulau Rondo dalam rangka mengunjungi wilayah-wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar di Indonesia. Pulau Rondo sendiri merupakan pulau pertama di ujung barat Indonesia dan menjadi beranda depan NKRI. Pulau Rondo berada di Samudera Hindia dan berbatasan dengan India.

Baca Juga: Mahfud: Pemerintah akan Batalkan MoU Kelola Pulau Widi dengan PT LII

1. Pulau Rondo satu dari 111 pulau-pulau kecil terluar Indonesia

Cek Pulau Terluar Indonesia, Mahfud dan Tito Mendarat di Pulau Rondo  Pulau Rondo (Dok. BNPP)

Dalam sambutannya di kantor Kecamatan Sukajaya, Sabang, Mahfud mengatakan, Pulau Rondo merupakan salah satu dari 111 pulau-pulau kecil terluar Indonesia. Dia menegaskan, kedatangan pemerintah pusat ke Kota Sabang untuk memastikan tujuan negara melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Serta memajukan kesejahteraan umum sebagaimana tertuang dalam konstitusi  negara terimplementasi di perbatasan," ujar Mahfud yang merupakan Ketua Pengarah BNPP.

2. Pembangunan daerah perbatasan jadi prioritas nasional

Cek Pulau Terluar Indonesia, Mahfud dan Tito Mendarat di Pulau Rondo  Peta lokasi Pulau Rondo (Dok. BNPP)

Mahfud menegaskan, pembangunan daerah perbatasan merupakan prioritas nasional.

"Presiden sangat menaruh perhatian besar, bahkan selalu menegaskan, negara harus hadir di wilayah perbatasan agar masyarakat merasakan kehadiran negara, merasakan buah pembangunan nasional dan merasa bangga jadi warga NKRI," ucap Mahfud.

3. Daerah perbatasan punya eskalasi ancaman yang sangat tinggi

Cek Pulau Terluar Indonesia, Mahfud dan Tito Mendarat di Pulau Rondo  Pulau Rondo (Dok. BNPP)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga mengatakan, kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang mewakili wajah bangsa dan menjadi representasikan kemajuan Indonesia.

"Sebagai beranda depan, wilayah perbatasan memiliki kompleksitas dan eskalasi ancaman terhadap negara yang sangat tinggi, sehingga dari sisi pertahanan dan keamanan pembangunan perbatasan menjadi hal yang sangat penting sekali," tegas Mahfud.

Dalam kunjungan kali ini, Mahfud dan Tito juga menyerahkan berbagai paket sumbangan untuk masyarakat Kota Sabang. Di antaranya 1.500 kaleng daging kurban, 1 paket panel surya dan pembangunan 10 rumah tidak layak huni menjadi layak huni, yang merupakan sumbangan dari Baznas.

Baca Juga: Cegah Pulau Dijual ke Asing, Pemerintah Bentuk Satgas Khusus

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya