[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara 

Madinah terkenal dengan Kurma Ajwa atau Kurma Nabi

Jeddah, IDN Times - Musim haji 2023 berbarengan dengan musim kurma di Arab Saudi. Pantauan IDN Times, hampir di semua tempat di Madinah dan Jeddah, kurma-kurma tengah berbuah lebat. Bertandan-tandan buah kurma hijau segar di dalam satu pohon.

Kurma dalam bahasa Arab disebut Nakhla, sedangkan dalam bahasa Latin disebut Phoenix Dactylifera. Kurma termasuk dalam jenis tanaman palma (Aracaceae).

Dikutip dari islam nu.or.id, kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah sejak ribuan tahun lalu. Diyakini, pohon kurma sudah ada sebelum manusia diciptakan. Disebutkan, bahwa ketika Nabi Adam turun ke bumi ia mendapati berbagai macam tumbuhan, salah satunya pohon kurma.

Saat ini di Arab Saudi, pohon-pohon kurma yang berbuah lebat menyambut kedatangan jemaah haji dari 160 negara di dunia. Seperti dikutip dari Harian Saudi Gazette, Jumat (23/6/2023), hingga Kamis 22 Juni 2023, sudah lebih dari 1,4 juta jemaah haji dari 2 juta lebih kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi sudah berkumpul di Tanah Suci. Berikut foto-foto pohon kurma yang tengah berbuah lebat di musim haji 2023.

Baca Juga: Jabal Uhud, Gunung Batu Saksi Perjuangan Rasul Lawan Musuh di Madinah

1. Pohon kurma berbuah lebat di halaman masjid tempat mengambil niat ihram di Bir Ali, Madinah. Beberapa buah kurma hijau jatuh ke tanah hingga membusuk tak ada yang mengambil

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Pohon kurma berbuah di Bir Ali Madinah. (IDN Times/Sunariyah)

2. Pohon kurma di halaman percetakan Al-Qur'an terbesar di Madinah. Seperti di tempat lain, pohon kurma di tempat ini juga tengah berbuah lebat, masih berwarna hijau

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Pohon kurma di Gedung Percetakan Al-Qur'an. (IDN Times/Sunariyah)

3. Pohon kurma di halaman kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah yang tengah berbuah lebat. Sebagian besar buahnya sudah matang siap dipetik

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Pohon kurma berbuah lebat di halaman KJRI Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

4. Pohon kurma juga tumbuh di depan-depan masjid di Kota Madinah, salah satunya depan Masjid Quba. Seperti di tempat lain, pohon kurma di tempat ini juga tengah berbuah lebat

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Pohon kurma di depan Masjid Quba di Madinah (IDN Times/Sunariyah)

5. Pohon kurma menjadi penghias dan pembatas jalan di Kota Madinah. Pohon-pohon kurma ini juga tengah berbuah. Seorang perempuan Arab campur Indonesia yang lahir dan besar di Makkah menyebutkan, pohon kurma yang tumbuh di jalan, buahnya jatuh begitu saja tak ada yang mengambil

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Pohon kurma di pembatas jalan yang menghubungkan antara Madinah ke Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

6. Madinah merupakan salah satu kota yang subur di Arab Saudi. Pohon-pohon kurma tumbuh dengan subur di berbagai tempat. Salah satu kurma yang terkenal dari Madinah adalah Kurma Ajwa atau Kurma Nabi. Harga kurma Ajwa berbeda-beda sesuai kualitas, bisa di atas 60 riyal per kilo untuk kualitas super

[FOTO] Ranumnya Buah Kurma Sambut 2 Juta Jemaah Haji dari 160 Negara Aneka jenis buah kurma yang dijual di Madinah (MCH Kemenag)

Baca Juga: Zamzam, Air Suci Warisan Nabi Pelepas Dahaga di Masjid Nabawi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya