Jelang Haji, Jemaah dari Berbagai Negara Berkumpul di Masjid Nabawi

Jemaah salat Jumat di Masjid Nabawi

Madinah, IDN Times - Pada Jumat 26 Mei 2023, jemaah haji dari berbagai negara di dunia sudah mulai memadati Kota Madinah Al Munawarah, Arab Saudi.

Aktivitas jemaah haji yang datang dari berbagai dunia terlihat berpusat di Masjid Nabawi.

 

Baca Juga: Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Usia 119 Tahun Tiba di Madinah

1. Salat Jumat pertama di Masjid Nabawi

Jelang Haji, Jemaah dari Berbagai Negara Berkumpul di Masjid NabawiJemaah haji salat Jumat di Masjid Nabawi (IDN Times/Sunariyah)

Jemaah haji laki-laki maupun perempuan berkumpul di Masjid Nabawi untuk melaksanakan salat Jumat pertama mereka di Tanah Suci. Di bagian jemaah perempuan, terlihat jemaah dari Indonesia dengan atribut khusus yang menandakan asal mereka.

Usai salat Jumat, jemaah ramai-ramai memadati toko-toko yang berjejer di depan Masjid Nabawi untuk berbelanja.

 

2. Meneguk air zamzam di Masjid Nabawi

Jelang Haji, Jemaah dari Berbagai Negara Berkumpul di Masjid NabawiJemaah haji Indonesia di Masjid Nabawi Madinah (IDN Times/Sunariyah)

Sekelompok jemaah haji lansia saat ditemui IDN Times mengaku berasal dari Demak, Jawa Tengah.

Saat ditanyakan apakah mereka sudah meminum air zamzam usai salat, mereka menggelengkan kepala. IDN Times pun langsung meminta botol-botol yang dibawa untuk diisikan air zamzam.

"Seger, nggih," jawab nenek-nenek tersebut kompak saat ditanyakan rasanya setelah meminum air zamzam.

3. Galon air zamzam di dalam Masjid Nabawi

Jelang Haji, Jemaah dari Berbagai Negara Berkumpul di Masjid NabawiGalon air Zamzam di Masjid Nabawi (IDN Times/Sunariyah)

Dalam suasana penuh jemaah seperti saat ini, memang tidak mudah untuk mencari galon-galon air zamzam di dalam Masjid Nabawi, apalagi bagi jemaah lansia. Berbeda bila dalam kondisi lengang, galon-galon air zamzam bisa mudah dijumpai.

Untuk diketahui, di hari-hari biasa air galon zamzam hanya berada di dalam Masjid Nabawi. Sedangkan pada hari Jumat, galon air zamzam ada yang ditaruh di luar atau teras masjid.

Galon air zamzam berwarna coklat susu dengan tinggi sekitar 70 cm. Posisinya berderet dan letaknya tak jauh dari pintu masuk, di jalur-jalur yang akan dilalui jemaah untuk ke bagian depan masjid.

Baca Juga: Kemenag Laporkan Peretasan Running Text Asrama Haji Bekasi ke Polisi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya