Kursi Roda Jemaah Haji Dibungkus Saat Pulang ke RI, Biaya 35 Riyal

Kadaker Bandara berkoordinasi agar biaya ditanggung PPIH

Jeddah, IDN Times - Sebanyak 9.591 jemaah haji dari 24 kelompok terbang (kloter) pulang ke Tanah Air pada hari ini, Selasa (4/7/2023). Kepulangan mereka sekaligus menandai dimulainya fase kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi ke Indonesia.

Kepulangan perdana jemaah haji Indonesia hari ini berbarengan dengan jemaah haji dari negara lain. Berdasarkan informasi yang diperoleh Kepala Daerah Kerja Bandara Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M, Haryanto, dari Maskapai Saudi Airlines, ada 59 penerbangan dari seluruh dunia di Bandara Jeddah pada Selasa ini, sehingga situasi bandara menjadi sangat padat.

Akibatnya, jemaah haji Indonesia harus berbagi paviliun tempat transit dengan jemaah haji dari negara lain, sebelum memasuki gate atau pintu ke dalam bandara.

Haryanto mengatakan, pada fase pemulangan kursi roda jemaah haji akan di-wrapping atau dibungkus plastik. Karena ini merupakan ketentuan dari maskapai penerbangan. Untuk wrapping, memerlukan biaya sekitar 35 Riyal per satu kursi roda.

Baca Juga: Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air, Banyak Barang Tercecer di Bandara

1. Biaya wrapping kursi roda jemaah haji diupayakan ditanggung PPIH

Kursi Roda Jemaah Haji Dibungkus Saat Pulang ke RI, Biaya 35 RiyalJemaah haji diturunkan dari bus dan menggunakan kursi roda saat akan pulang ke Indonesia (IDN Times/Sunariyah)

Namun, Haryanto menyebutkan, sudah berkoordinasi dengan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi agar biaya tersebut bisa ditanggung oleh PPIH.

"Ini ketentuan dari penerbangan harus di-wrapping, saya tadi koordinasi dengan penerbangan biayanya 35 Riyal, untuk biaya ini kita koordinasi dengan PPIH semoga nanti bisa dibiayai dari PPIH Arab Saudi," ujar Haryanto, di sela-sela mengatur pemulangan jemaah haji di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah, Arab Saudi.

Wrapping kursi roda dilakukan setelah jemaah haji tiba di paviliun Bandara Jeddah untuk transit, sehingga kursi roda tersebut masih bisa dipakai oleh jemaah hingga sampai di bandara.

"Untuk ke dalamnya, ke gate (bandara) ada disediakan dari penerbangan. Mungkin teknisnya wrapping itu setelah jemaah mau masuk ke gate, (kursi roda) dikumpulkan masing-masing kloter di-wrapping dan diserahkan ke maskapai penerbangan," jelas Haryanto.

2. Jemaah haji pertama yang bertolak ke Indonesia dari Embarkasi Batam kloter 1 (BTH 01)

Kursi Roda Jemaah Haji Dibungkus Saat Pulang ke RI, Biaya 35 RiyalJemaah haji pulang ke Tanah Air (IDN Times/Sunariyah)

Jemaah haji gelombang pertama dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah. Penerbangan pertama ke Indonesia Selasa 4 Juli 2023, pukul 00.05 waktu Arab Saudi, yang membawa jemaah haji dari Embarkasi Batam kelompok terbang 1 (BTH 01). Kemudian disusul oleh jemaah haji dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede kloter 1 (JKG 01), yang terbang pada pukul 00.10 WAS.

Di jam yang sama terbang juga jemaah haji dari Embarkasi Surabaya kloter 1 (SUB 01). Lima menit kemudian, yakni di pukul 00.15 WAS, terbang jemaah dari Embarkasi Jakarta Bekasi kloter 1 (JKS 01).

Baca Juga: Kisah Sri dan Lasikun, Suami Istri Pengguna Kursi Roda ke Tanah Suci 

3. Total 9.591 jemaah dari 24 kloter kembali ke Tanah Air di hari pertama pemulangan

Kursi Roda Jemaah Haji Dibungkus Saat Pulang ke RI, Biaya 35 RiyalJemaah Lansia tiba di Bandara Jeddah. (IDN Times/Sunariyah)

Total ada 7 kloter jemaah haji yang pulang ke Tanah Air dari mulai pukul 00.05 sampai 01.30 WAS. Mereka berasal dari embarkasi BTH, JKG, JKS dan SUB, dengan total jemaah 2.978 orang.

Kepulangan jemaah haji ke Indonesia berlanjut dari pukul 01.40 sampai 23.10 WAS, yakni 17 kloter dari 8 embarkasi dengan jumlah jemaah sebanyak 6.613 orang. Sehingga total pada hari pertama pemulangan jemaah haji Indonesia, Selasa 4 Juli 2024, sebanyak 9.591 jemaah kembali ke Tanah Air.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya