Jusuf Kalla Terpapar COVID-19 Saat Lebaran, Kini Sudah Negatif

Diduga tertular dari anggota keluarga

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) diinformasikan terpapar COVID-19. Namun saat ini kondisi JK sudah dipastikan negatif. Hal ini diinformasikan orang dekat JK ke IDN Times, Senin (1/5/2023) pagi.

"Alhamdulillah sudah negatif, terakhir PCR Sabtu kemarin sudah negatif," kata orang dekat JK tersebut saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Jusuf Kalla: KPK Jangan Berpolitik agar Bisa Berfungsi Efektif

1. Tes PCR usai halal bihalal dan positif COVID-19

Jusuf Kalla Terpapar COVID-19 Saat Lebaran, Kini Sudah NegatifHM Jusuf Kalla. ANTARA FOTO/Fransiska Ninditya

Disebutkan, JK diketahui positif COVID-19 pada saat halal bihalal di Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, pada Sabtu 22 April 2023. Saat itu ada anggota keluarga yang positif COVID-19, dan ketika dilakukan tes PCR, JK pun diketahui positif COVID-19.

Namun saat ini, kondisi JK disebutkan sudah sehat dan beraktivitas lagi seperti sebelumnya.

2. Diduga tertular dari anggota keluarga

Jusuf Kalla Terpapar COVID-19 Saat Lebaran, Kini Sudah NegatifDok. IDN Times/Istimewa

Diduga JK terpapar COVID-19 pada akhir bulan Ramadan, sekitar 3 hari sebelum Idul Fitri, dari anggota keluarga yang bertemu JK saat itu. JK sendiri tengah berkumpul dengan keluarganya untuk menyambut Idul Fitri. 

Begitu diketahui ada keluarga yang positif, kemudian dilakukan tes PCR saat halal bihalal, diketahui JK pun positif COVID-19.

3. JK berada di Jakarta

Jusuf Kalla Terpapar COVID-19 Saat Lebaran, Kini Sudah NegatifDok. IDN Times/Istimewa

Meski sempat positif, namun kondisi kesehatan JK disebutkan tidak parah, karena terus didampingi oleh dokter kepresidenan yang merawatnya.

Jusuf Kalla saat ini berada di Jakarta dan sudah beraktivitas seperti biasa. Meski usianya sudah 80 tahun ke atas, namun disebutkan saat terpapar COVID-19 tidak ada keluhan kesehatan yang berbahaya.   

Topik:

  • Sunariyah
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya