Karena 2 Hal Ini, Jokowi Akan Dukung Airlangga di Pilpres 2024?

Kepercayaan Jokowi kepada Airlangga disebut semakin terlihat

Jakarta, IDN Times - Hingga saat ini belum diketahui Presiden Joko 'Jokowi' Widodo akan mendukung siapa dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Namun menurut Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad, kepercayaan Jokowi terhadap Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto semakin terlihat.

Menurut Saidiman, Jokowi semakin percaya kepada Airlangga setidaknya karena dilatarbelakangi dua hal, salah satunya terkait prestasi

"Jokowi terlihat sangat nyaman bekerja sama dengan Airlangga karena mereka memiliki visi yang relatif sama. Sejauh ini, visi Presiden bisa diimplementasikan dengan cukup baik," kata Saidiman di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Rabu (11/8/2021).

Dia menyebutkan, Airlangga mampu melaksanakan dengan baik visi besar Jokowi untuk mengakselerasi pembangunan ekonomi melalui penyederhanaan perizinan.

Baca Juga: Airlangga Sebut Golkar 'Menang' Rakyat Senang, Terkait Pilpres 2024?

1. Airlangga dinilai berhasil pulihkan ekonomi dengan mengeluarkan Indonesia dari resesi

Karena 2 Hal Ini, Jokowi Akan Dukung Airlangga  di Pilpres 2024?ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pencapaian itu, kata Saidiman, di antaranya terlihat melalui peresmian online single submission (OSS) berbasis risiko, yang akan mempermudah proses perizinan usaha melalui sistem perizinan online satu pintu.

"Ini sangat fundamental dalam pembangunan ekonomi Indonesia," jelas Saidiman.

Tidak hanya itu, Airlangga juga dinilai berperan dalam kesuksesan Indonesia keluar dari resesi, setelah pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2021 mencapai 7,07 persen.

"Jelas ini adalah prestasi tim pemulihan ekonomi di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto," kata Saidiman.

2. Di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar sangat solid sebagai partai pendukung pemerintah

Karena 2 Hal Ini, Jokowi Akan Dukung Airlangga  di Pilpres 2024?ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Hal kedua yang dinilai membuat Jokowi semakin percaya kepada Airlangga yakni terkait status Menko Perekonomian itu sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Saidiman mengatakan, Golkar merupakan partai dengan massa besar dan tersebar relatif merata di semua daerah. Selama ini, Golkar juga dikenal sebagai partai yang lincah dan piawai mendukung agenda-agenda kebijakan pemerintah di parlemen.

"Di bawah kepemimpinan Airlangga, partai besar ini terlihat sangat solid. Ini adalah modal politik yang sangat penting bagi presiden," katanya.

Kombinasi antara profesionalitas kerja dan kekuatan politik besar dan solid inilah, yang dinilai menjadikan posisi Airlangga sulit tergantikan.

3. Besar kemungkinan Airlangga akan dapat dukungan politik dari Jokowi

Karena 2 Hal Ini, Jokowi Akan Dukung Airlangga  di Pilpres 2024?IDN Times/Santi Dewi

Dari rekam jejak dan modal politik yang tersedia, Saidiman menyebutkan, sangat besar kemungkinan Airlangga akan mendapatkan dukungan politik, langsung maupun tidak langsung, dari Jokowi.

"Bagaimana pun, capaian pembangunan yang sudah ditorehkan oleh pemerintahan Jokowi perlu dilanjutkan. Airlangga Hartarto memiliki modal politik dan rekam jejak profesional yang sangat memadai untuk melanjutkan kerja-kerja Jokowi," tutur Saidiman.

Baca Juga: Elektabilitas Airlangga Masih Rendah, Golkar: Dulu Jokowi-JK Rendah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya