Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang Jokowi

Pasar grosir tapi bisa beli satuan, pembeli bebas menawar

Makkah, IDN Times - Jemaah haji sudah selesai melaksanakan ibadah haji dan kini berangsur-angsur pulang ke negara masing-masing, tak terkecuali jemaah haji Indonesia. Jemaah haji Indonesia gelombang pertama mulai dipulangkan ke Tanah Air sejak Selasa 4 Juli 2023.

Sebagian besar jemaah haji kini masih berada di Makkah menunggu waktu kepulangan, dan sebagian lagi menunggu untuk diberangkatkan ke Kota Madinah guna melaksanakan ibadah Arbain. Di sela-sela masa tunggu ini, jemaah haji memanfaatkan waktunya untuk berburu oleh-oleh, baik di toko-toko yang ada di sekitar hotel maupun di pasar Kota Makkah.

Salah satu pasar yang paling banyak didatangi jemaah haji untuk mencari oleh-oleh adalah Pasar Kakiah atau Al Kakia.

 

 

 

Baca Juga: Bakso Mang Oedin dan Pecel Madura di Pasar Al Balad Kota Tua Jeddah

1. Terletak di Jalan Ibrahim Al Khalil, sekitar 8 kilometer dari Masjidil Haram

Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang JokowiPasar Kakiah di Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Pasar ini terletak di depan Jalan Ibrahim Al Khalil, wilayah Al Shoqiyah, Kota Makkah, sekitar 8 kilometer dari Masjidil Haram. Nama lengkapnya Sûq al-Ka'kiyah lil Jumlah, merupakan pasar grosir terbesar di Makkah.

Saat IDN Times berkunjung pada Minggu, 2 Juli lalu, pasar ini tumpah ruah dipadati jemaah haji dari berbagai negara yang membeli oleh-oleh. Tampak jemaah haji asal Turki, China, Afrika, dan tentunya Indonesia. Hampir di semua toko terdapat pembeli yang merupakan jemaah haji Indonesia.

"Saya mau beli pashmina sama surban," kata seorang jemaah haji perempuan sambil menawar pashmina yang dipegangnya.

2. Pasar grosir tapi bisa beli satuan, pembeli bebas menawar

Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang JokowiPasar Kakiah di Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Berbagai barang di jual di pasar "Tanah Abang" Makkah ini. Mulai dari Abaya dan berbagai jenis pakaian perempuan, pakaian laki-laki, surban, jilbab, mainan, tas, jam, parfum, peci, kurma, aneka hiasan dinding dengan kaligrafi Arab, sajadah, karpet, tasbih, aneka suvenir, perhiasan imitasi, dan lain sebagainya.

Lengkapnya barang yang dijual di pasar ini, tak heran membuatnya menjadi salah satu tempat yang paling banyak didatangi jemaah haji.

Meski pasar grosir, namun barang-barang yang dijual di Pasar Kakiah bisa dibeli satuan. Pembeli pun bebas menawar dan menggunakan bahasa masing-masing, yang penting ujungnya cocok, berapa riyal.

3. Bisa belanja pakai uang "Jokowi"

Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang JokowiPasar Kakiah di Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Di pasar ini, hampir semua pelayan dan pedagangnya bisa berbahasa Indonesia. Malah ada  dua pemuda penjaga toko, bisa sedikit berbahasa Jawa. Saat ditanya asalnya, pemuda itu mengaku dari Myanmar.

"Saya banyak teman dari Indo," katanya saat ditanya bagaimana dia bisa berbahasa Indonesia dan Jawa.

Soal mata uang untuk berbelanja, jangan khawatir, toko-toko di pasar ini juga menerima uang "Jokowi" (rupiah).

"Jokowi? Oke," kata seorang abah-abah pedagang Arab sambil mengacungkan jempolnya tanda setuju menerima uang rupiah.

Menggunakan uang riyal atau rupiah tak ada bedanya, sesuai kesepakatan antara pedagang dan pembeli. Biasanya untuk uang rupiah, mereka menyebutnya 50 Jokowi (Rp50.000), 100 Jokowi (Rp200.000), dan seterusnya. 

Baca Juga: Berburu Hati Unta dan Madu Yaman di Pasar Al Balad Kota Tua Jeddah

4. Harus jeli liat asal produk jika tak ingin membeli barang asal China

Pasar Kakiah, Surga Belanja di Kota Makkah Bisa Pakai Uang JokowiPasar Kakiah di Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Salah satu barang yang diburu pembeli perempuan dari Indonesia di Pasar Kakiah adalah jilbab Turki "Miss Colour". Harganya memang relatif bersaing, mulai dari 10 riyal hingga 20 riyal per biji. Harga pashmina 10 riyal, bila beli per bungkus jadi 95 riyal isi 10 biji.

Untuk sajadah, ada banyak pilihan dari Turki, India, Syria, dan tentu barang-barang dari China. Pembeli yang tidak mau membeli barang-barang produk China harus jeli mengecek barang tersebut buatan mana. Sebab, banyak produk-produk seperti tasbih, sajadah, surban, jilbab buatan China.

Untuk mainan boneka unta yang bisa bunyi, harga bervariasi tergantung besarnya, mulai dari 10 riyal.

"Buat oleh-oleh anak, kebetulan anakku 2 cewek semua. Di Pasar Kakiah harganya lebih miring, banyak pulihan," ujar Arvian, seorang pembeli dari Indonesia.

"Lebih murah, harganya grosiran, beli 3 dapat harga grosir," ujar Haji Ahmad yang membeli 3 sajadah Nabawi seharga total 110 riyal. Di tempat lain, katanya, 1 sajadah Nabawi harganya 45 riyal.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya