Politikus PSI Eks Wamen Surya Tjandra Dukung Anies Jadi Capres 2024

Surya bersedia jika diminta bantu kampanye untuk Anies

Jakarta, IDN Times - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga mantan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra, secara blak-blakan menyatakan mendukung Anies Baswedan sebagai orang yang tepat melanjutkan pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo di Pilpres 2024.

Pernyataan ini disampaikan Surya dalam diskusi Total Politik, yang disiarkan di channel Youtube Total Politik, dikutip Kamis (28/7/2022).

"Dalam pilpres, pileg, pilkada bukan untuk nyari malaikat, tapi yang tersedia, yang ada. Dalam konteks itu (bidang pertanahan) siapa pun yang ada harus bisa melanjutkan, karena bukan cuma amanat tapi tanggung jawab. Dari pilihan-pilihan yang ada, kalau saya pribadi ya saya merasa Pak Anies," kata Surya.

Baca Juga: Survei Pilpres 2024: Pasangan Anies-Ridwan Kamil Kalahkan Ganjar-Erick

1. Anies dinilai bisa melanjutkan program-program Jokowi

Politikus PSI Eks Wamen Surya Tjandra Dukung Anies Jadi Capres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Menurut Surya, Anies bisa melanjutkan pemerintahan Jokowi berdasarkan pengalamannya sebagai wakil menteri ATR/BPN selama 2,5 tahun.

"Gue ngomong pengalaman, kan kerjaan saya ketemu kepala daerah dalam 2 tahun lebih jadi wamen, sudah 32 provinsi," ujarnya.

Khusus terkait isu agraria/pertanahan, kata Surya, Anies memberikan hibah kepada kanwil sebesar Rp80 miliar untuk membereskan sinkronisasi data.

"Data pembangunan secara umum dengan data pertanahan itu disinergikan supaya tidak tumpang tindih dan bisa jadi solid. Data ini kan mahal harganya, mungkin kalau kita punya kontak dengan orang Pemprov, dengan BPN bisa akses, tapi kalau yang gak punya gimana? Nah, ini yang mau dibuka Pak Anies dengan hibah itu, dibuatlah satu sistem, digabung data-data itu yang dipakai Jakarta1.co.id," paparnya.

Surya menegaskan, ide sinkronisasi data pertanahan itu bukanlah ide Anies, tapi ide Jokowi yang belum sempat dieksekusi, dan kini dinilai berhasil dieksekusi oleh Anies.

"Bagi saya menunjukkan dia memang mau kerja," ucap Surya.

Dari konteks inilah, Surya percaya Anies bisa dan mau melanjutkan program-program Jokowi.

"Lagi-lagi yang saya lihat yang dikerjakan, tadi 32 provinsi sudah saya kunjungi, 132 kabupaten/kota saya datangi, dalam konsep isu pertanahan/agraria dia (Anies) yang menonjol, saya harus akui itu," tegasnya.

2. Siap dipanggil oleh PSI karena dukung Anies

Politikus PSI Eks Wamen Surya Tjandra Dukung Anies Jadi Capres 2024Instagram.com/@suryatjandra

Terkait dukungannya kepada Anies, yang berlawanan dengan kebijakan partainya, Surya mengatakan tidak melawan PSI, dan dia siap jika sewaktu-waktu dipanggil oleh partainya untuk menjelaskan hal ini.

"Gue gak merasa melawan (partai), nanti kalau PSI manggil, ya saya jelasin apa adanya, apa pandangan saya, apa argumentasinya, ya kita diskusikan, PSI kan partai terbuka juga," ucapnya.

Dia juga memastikan tidak berbeda dengan PSI, sebab ujarnya, PSI merupakan partai yang percaya pada meritokrasi, percaya pada yang memang benar dan baik.

"Jadi gue tidak merasa berbeda dengan PSI, ini kan aspirasi pribadi, berdasarkan pengalaman pribadi berinteraksi saat menjabat wamen dengan Pak Anies, dengan banyak gubernur dan kepala daerah di Indonesia," kata Surya.

3. Bersedia jika diminta bantu kampanye untuk Anies

Politikus PSI Eks Wamen Surya Tjandra Dukung Anies Jadi Capres 2024Wamen Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra usai kegiatan di kegiatan konsultasi publik pada Kamis 13 Agustus 2020 di Hotel Mercure Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Saat ditanya apakah bersedia jika nanti diminta membantu kampanye untuk Anies, Surya langsung mengiyakan.

"Oke (mau), sebagai bagian dari kontribusi yang bisa gue berikan," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Surya menegaskan bahwa dukungannya kepada Anies terkait program, bukan karena sentimen semata.

Baca Juga: Tolak Mendukung Anies, PSI: Tak Mungkin Dukung Kandidat Bermasalah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya