Comscore Tracker

Selandia Baru Umumkan Virus Corona Pertama, Korban Masuk Lewat Bali

Perempuan itu datang dari Iran, masuk Auckland lewat Bali

Jakarta, IDN Times - Selandia Baru mengumumkan kasus pertama virus corona yang terjadi di Negara Kiwi tersebut. Kasus virus Covid-19 ini muncul dari seorang perempuan yang baru saja tiba dari Iran, yang melakukan perjalanan ke Auckland melalui Bali.

Warga tersebut dinyatakan positif terjangkit virus corona, dan tengah dirawat saat ini di Auckland City Hospital.

Baca Juga: Virus Corona Jadi Ancaman Serius, Agen Mata-mata AS Pantau Ketat India

1. Perempuan yang positif terjangkit virus corona berusia 60 tahun

Selandia Baru Umumkan Virus Corona Pertama, Korban Masuk Lewat BaliIDN Times/Sukma Shakti

Dilansir dari Guardian, Jumat (28/2), Departemen Kesehatan Selandia Baru mengungkapkan, warga yang terjangkit virus mematikan asal Wuhan, Tiongkok itu berumur 60 tahun, dan merupakan warga negara Selandia Baru.

"Dalam perawatan di ruang isolasi, dalam sebuah ruangan bertekanan negatif untuk mencegah penyebaran virus," demikian pernyataan Departemen Kesehatan Selandia baru.

2. Tiba di Auckland Rabu dan dibawa ke rumah sakit setelah kondisinya mengkhawatirkan

Selandia Baru Umumkan Virus Corona Pertama, Korban Masuk Lewat Bali(Peta penyebaran virus corona per 27 Februari) www.theguardian.com

Disebutkan, perempuan itu tiba di Auckland pada Rabu lalu, dan dibawa ke rumah sakit oleh anggota keluarganya setelah khawatir dengan kondisi perempuan tersebut.

Kendati sudah ada kasus pertama, namun otoritas setempat meyakinkan publik bahwa situasi ini telah ditangani dengan baik, sehingga potensi penyebaran virus corona masih rendah.

"Meskipun kita telah mendapatkan kasus Covid-19 yang pertama, tetapi kemungkinannya menyebar masih rendah," demikian pernyataan otoritas setempat.

3. Selandia Baru keluarkan larangan perjalanan bagi mereka yang datang dari Iran dan Tiongkok

Selandia Baru Umumkan Virus Corona Pertama, Korban Masuk Lewat BaliSeorang perempuan memakai masker pelindung berjalan di area komersial utama di Wuhan, pusat terjadinya penularan virus corona baru, provinsi Hubei, Tiongkok, pada 20 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer

Guna mencegah menyebarnya virus corona di Selandia Baru, baru-baru ini Menteri Kesehatan David Clark mengatakan, Selandia Baru mengeluarkan larangan perjalanan yang ketat bagi mereka yang datang dari Iran, sama seperti larangan yang sudah diberlakukan terhadap mereka yang datang dari Tiongkok.

Menurut David, kebijakan ini diambil setelah virus corona menyebar luas di Iran dan menewaskan 26 orang di Negeri Mullah itu, di mana angka kematian ini merupakan yang tertinggi di luar Tiongkok.

Baca Juga: Warga Korsel Terjangkit Virus Corona, KBRI di Seoul Pilih Tutup

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya